Selain Dapur Umum, Pemkot Juga Kerjasama dengan Warung Makan untuk Logistik Korban Banjir

Rabu 08-01-2020,19:25 WIB

RAPAT KOORDINASI - Dinsos P2KB bersama BPBD menggelar rapat koordinasi terkait pelaksanaan distribusi bantuan bagi korban banjir. M. AINUL ATHO

KOTA - Dinas Sosial Pengendalian Penduduk dan KB (Dinsos P2KB) Kota Pekalongan menyatakan telah mempersiapkan diri menghadapi potensi terjadinya banjir. Penyediaan logistik yang menjadi salah satu tupoksi Dinsos P2KB, juga telah disiapkan dengan optimal.

Plt Kepala Dinsos P2KB, Budiyanto saat ditemui usai kegiatan rakor antisipasi banjir bersama camat dan lurah mengatakan bahwa untuk logistik dalam bentuk bahan mentah sudah seluruhnya disiapkan. Juga untuk logistik siap saji, Dinsos memiliki tim dan peralatan untuk membangun dapur umum guna pembuatan makanan siap saji untuk korban banjir.

Tak hanya dengan dapur umum, dikatakan Budiyanto pihaknya juga telah menjalin 'kerjasama' dengan sejumlah warung makan untuk penyediaan makanan siap saji guna didistribusikan kepada korban banjir yang membutuhkan. "Kami sudah sounding ke 15 warung makan. Mereka menyatakan siap menyediakan 300 bungkus makanan setiap hari. Jadi setidaknya bisa membantu sekitae 5.000 bungkus," tuturnya.

Selanjutnya, Budiyanto juga menyatakan bahwa dapur umum tidak hanya akan disiapkan oleh Dinsos P2KB namun juga bisa dibuat oleh kelurahan dan kecamatan dengan cara mengajukan usulan. "Kalau kecamatan dan kelurahan siap membuka, maka kami akan sediakan logistik mentah," tambahnya.

Sementara dalam rapat koordinasi, disepakati pembentukan tim yang terdiri dari unsur pejabat kecamatan, kelurahan dan RT RW. Mereka akan disatukan dalam sebuah grup whatsapp sehingga memudahkan koordinasi. Tak hanya antar kecamatan dan kelurahan, juga akan dibentuk tim serupa yang berisi perwakilan antar OPD dan instansi terkait. "Ini dalam rangka pembenahan mekanisme untuk memudahkan koordinasi sehingga penanganan korban akan lebih mudah," tandasnya.(nul)

Tags :
Kategori :

Terkait