Sepasang Sepatu Dipakai Bergantian oleh Kakak Beradik saat Sekolah

Rabu 24-11-2021,05:17 WIB

Sepasang kakak beradik di Baubau, Sulawesi Tenggara harus bergantian sepatu saat hendak jam pelajaran sekolah. Ini karena keterbatasan keuangan keluarga mereka. Kisah mereka viral. Jalan hidup keduanya persis digambarkan oleh sebuah film asal Iran berjudul Children Of Heaven. Film ini tayang di bioskop pada 1997.

Kisah kakak beradik di Sekolah Dasar Negeri 3 Kota Baubau, Nadia 11 tahun dan Rizki 9 tahun, rela bergantian menggunakan sepatu saat bersekolah di masa pandemi Covid-19 ini. Sang adik diketahui masuk di pagi hari, sedangkan sang kakak siang hari. Nadia yang memakai sandal jepit terlihat sabar menunggu adiknya hingga pelajaran selesai.

Saat hendak memasuki jam belajar baru, Rizki yang keluar kelas langsung melepas sepatunya dan menyerahkan ke kakaknya. Gantian Nadia pakai sepatu, sedangkan Rizki pakai sandal jepit.

Rutinitas ini ternyata sudah dilakukan sejak Nadia kelas 4 dan Rizki kelas 3 SD. Kondisi ekonomi keluarga mereka yang kekurangan, membuat mereka terpaksa bergantian sepatu. Selain bergantian pakai sepatu, Nadia dan Rizki terlihat akrab saat makan siang dari bekal yang sama.

Menurut sang ibu, Mardiana, kedua anaknya juga kerap terkendala masalah ongkos transportasi saat hendak ke sekolah. Karena tak punya uang untuk naik ojek, kedua bocah malang itu seringkali harus jalan kaki ke sekolah.

Kisah ini menyentuh hati banyak netizen yang kemudian membagikan video mereka ke media sosial. Respon positif berdatangan termasuk dari Polres Baubau yang ikut melihat video tersebut dan memutuskan untuk mendatangi keduanya.

Kapolres Baubau AKBP Rio Tangkari membawakan sejumlah perlengkapan sekolah termasuk sepatu baru untuk keduanya. Nadia pun tak kuasa menahan tangis.

"Ini adalah kekuatan media sosial. Saya tidak pernah kenal sebelumnya dengan mereka (keluarga Nadia dan Rizki). Saya membaca pesan yang dikirimkan teman-teman. Saya terharu. Setiap warga harus saling membantu dan peka akan kesulitan yang dirasakan sesama," ujar AKBP Rio Tangkari.

"Di tengah keterbatasan ini, mereka masih punya semangat dan yakin Allah itu pasti memberikan pertolongan kepada mereka yang mau berusaha. Bantuan dari saya hanyalah agar membuat mereka senang, memberikan semangat untuk tetap sekolah. Harapan saya mereka menjadi orang hebat di kemudian hari," sambungnya.

Film Children of Heaven

Kisah Nadia dan Rizki viral karena apa yang mereka alami persis seperti apa yang digambarkan dalam film Children Of Heaven. Film Iran tahun 1997 ini ditulis dan disutradarai oleh Majid Majidi. Film ini dinominasikan dalam Academy Award untuk kategori Film Berbahasa Asing Terbaik pada tahun 1998.

Film yang dibintangi Amir Farrokh Hashemian sebagai Ali dan Bahare Seddiqi pemeran Zahra ini menceritakan petualangan kakak dan adik karena sepasang sepatu yang hilang. Karena mereka tidak punya sepatu yang banyak, keduanya pun saling berbagi sepatu demi bisa pergi ke sekolah. Keputusan Ali untuk berbagi sepatu dengan adiknya tersebut karena ia tak mau memberatkan sang ayah yang tidak punya uang untuk membeli sepatu baru. Sedangkan Zahra tak mengeluh dan tetap rajin ke sekolah meski kehilangan sepatu kesayangannya.

Detik-detik terakhir film Children of Heaven menampilkan perjuangan Ali yang rela mengikuti lomba lari demi mendapatkan hadiah sepatu perempuan. Ia sangat berharap bisa mendapatkan juara tiga lomba tersebut karena bisa memperoleh sepatu untuk adiknya sebagai ganti sepatu yang telah hilang. (ngopibareng)

Tags :
Kategori :

Terkait