Napak Tilas, Ajak Siswa Bersahabat dengan Alam

Selasa 10-12-2019,13:45 WIB

MENGIKUTI - Para siswa SMK Muhammadiyah Kedungwuni yang tergabung dalam ekskul HW tengah mengikuti kegiatan napak tilas di Rogoselo, Doro.

KEDUNGWUNI - Dalam rangka penilaian akhir ekstrakurikuler kepanduan Hizbul Wathan (HW), para siswa SMK Muhammadiyah Kedungwuni mengikuti kegiatan napak tilas di Rogoselo, Kecamatan Doro, pada hari Sabtu (07/12) lalu. Kegiatan digelar selama satu hari yakni sejak pukul 08.00 hingga 14.00 WIB.

Pembina Ekstrakurikuler Kepanduan Hizbul Wathan SMK Muhammadiyah Kedungwuni, Afiroh SPd menuturkan, rangkaian acara napak tilas dimulai dengan kegiatan apel sebelum dengan pemberangkatan siswa kelas X. "Anak-anak berangkat menggunakan truk yang sebelumnya juga sudah dibagi kelompoknya masing-masing," ujar dia.

Tiap-tiap kelompok memulai jalan kaki dari pertigaan arah Sipare menuju Lapangan Kemah Rogoselo. Dalam perjalanan tersebut mereka harus melewati pos-pos yang sudah tersedia, yaitu 5 pos dengan materi masing-masing yang sudah diajarkan sewaktu kegiatan ekstrakurikuler HW tiap hari Jumat di sekolah.

"Dengan kata lain anak-anak kelas X ini dinilai dan diuji daya tangkapnya setelah mengikuti ekstrakurikuler wajib HW," imbuh Bu Afiroh, sapaannya.

Diantara pos yang wajib dilalui para peserta yaitu Pos Materi Semapur, Pos Tali Temali, Pos Persatuan Baris Berbaris (PBB), Pos Membidik Arah dengan Kompas, serta Pos Menggambar Panorama.

Setelah seluruh rangkaian acara selesai, seluruh peserta diajak untuk mengikuti puncak acara yaitu upacara penutupan sekaligus serah terima kepengurusan. Pelantikan pengurus baru dilakukan oleh Wakil Kepala Bidang Kesiswaan SMK Muhammadiyah Kedungwuni.

"Harapannya setelah dilantik, anak-anak bisa lebih memajukan ekstrakurikuler HW di SMK Muhammadiyah Kedungwuni," jelas dia. Usai upacara para peserta menikmati makan siang bersama di tengah lapangan, dengan tujuan menyatu dengan alam, dilanjutkan bermain-main di sungai nan jernih di Rogoselo. "Alhamdulillah anak-anak terlihat sangat bahagia. Setelah berlelah-lelah berjalan kaki akhirnya bisa menyegarkan diri dengan bermain air di sungai Rogoselo bersama," pungkasnya. (yak)

Tags :
Kategori :

Terkait