Blusukan ke Pasar, Satreskrim Sidak Harga dan Stok Sembako jelang Ramadan

Senin 06-04-2020,18:00 WIB

SIDAK SEMBAKO - Kasatreskrim Polres Pekalongan Kota AKP Maryoto bersama anggotanya yang tergabung dalam Satgas Pangan mengecek harga dan ketersediaan sembako di Pasar Grogolan, Senin (6/4/2020). WAHYU HIDAYAT

KOTA - Berbagai upaya terus dilakukan Tim Satgas Pangan Polres Pekalongan Kota dalam mengantisipasi terjadinya kelangkaan stok sembako di pasaran menjelang bulan suci Ramadan 1441 H/2020 M maupun di tengah mewabahnya virus corona (Covid-19).

Salah satunya dengan melakukan pemantauan dan pengecekan langsung stok dan harga sembako di pasar tradisional di Kota Pekalongan. Sebagaimana yang dilakukan Satreskrim Polres Pekalongan Kota, Senin (6/4/2020).

Dipimpin langsung Kasatreskrim AKP Maryoto bersama sejumlah anggotanya, tim melakukan blusukan di Pasar Grogolan. Mereka melakukan sidak di pasar ini, mengecek harga dan ketersediaan berbagai komoditas sembako, serta berdialog dengan pedagang maupun warga.

Menurut Kasatreskrim, sidak tersebut sekaligus untuk mengantisipasi terjadinya aksi penimbunan sembako. "Kegiatan seperti ini rutin kami lakukan untuk memastikan ketersediaan sembako masih aman, memantau harga, dan mengantisipasi supaya tidak terjadi penimbunan," ungkapnya.

Nampak Kasatreskrim bersama beberapa anggotanya mengecek gudang grosir beras dan telur milik salah satu pedagang setempat.

Dari hasil pengecekan, terpantau kalau stok sembako masih aman hingga lebaran mendatang. Harga berbagai komoditas juga relatif masih stabil, belum terjadi lonjakan signifikan.

Pihaknya mengimbau masyarakat untuk tidak cemas maupun panik meskipun ada wabah virus corona. Pada kesempatan tersebut, Kasatreskrim selaku tim Satgas Pangan juga meminta kerja sama dari para pedagang maupun seluruh masyarakat, apabila ada oknum yang sengaja melakukan penimbunan sembako untuk melapor ke kepolisian setempat. "Apabila ada oknum yang melakukan penimbunan sembako, laporkan ke kami, akan kami tindak tegas," tandasnya.

Ditambahkan Kasatreskrim bahwa pihaknya akan mengajak dinas dan instansi terkait terus bersinergi untuk selalu mengantisipasi terjadinya penimbunan dalam situasi wabah virus corona di Kota Pekalongan. Sengaja lokasi yang dipilih adalah Pasar Grogolan, karena pasar tersebut merupakan tempat yang banyak dikunjungi pembeli dan untuk tempat kulakan. "Intinya mari kita lakukan antisipasi secara dini," imbuhnya.

M Syukron,salah satu pedagang asal Kuripan Lor, Pekalongan Selatan, mengaku senang dengan adanya kegiatan tim Satgas Pangan dari Polres Pekalongan Kota yang melakukan pengecekan. "Adanya kegiatan seperti ini menciptakan rasa aman bagi masyarakat sehingga masyarakat tidak panik atau khawatir terjadi kelangkaan sembako. Harganya pun bisa tetap stabil," ungkapnya. (way)

Tags :
Kategori :

Terkait