Viral Video Anak Bersepeda di Median Jalan Exit Tol Kota Pekalongan, Ini Tanggapan Kasatlantas

Senin 06-01-2020,11:35 WIB

Kasatlantas Polres Pekalongan Kota AKP Sutono. (Wahyu Hidayat)

KOTA - Kasatlantas Polres Pekalongan Kota AKP Sutono memberikan tanggapan terkait viralnya video seorang anak laki-laki yang bersepeda di atas median jalan Exit Tol Setono, Kota Pekalongan di media sosial.

Kasatlantas mengatakan bahwa aktivitas anak sebagaimana yang terekam di video tersebut memang berbahaya. Namun pihaknya tidak hanya memandang dari satu sisi menyalahkan si anak, tetapi dari berbagai sisi.

Menurutnya, semua pihak juga wajib untuk menjaga bersama-sama. Apalagi anak tersebut bermain di atas median jalan exit tol yang mana banyak berlalu lalang kendaraan berkecepatan tinggi yang akan keluar masuk tol.

"Sebenarnya anak tidak bersalah. Harus ada wujud kepedulian dari orang tua dan lingkungan. Kalau kita mengambil dari sisi bermain anak, ini anak berhak untuk bermain, namun demikian dari sisi tempatnya yang tidak pas. Oleh sebab itu, ayo, dari Satuan Lalu Lintas khususnya, kita sama-sama menjaga jangan sampai anak-anak ini jadi korban kecelakaan, apalagi bermain di median jalan yang cukup padat kendaraan pada jam-jam tertentu," kata AKP Sutono, Senin (6/1/2020).

Dengan adanya anak yang bermain di exit tol tersebut, Kasatlantas menyampaikan akan melakukan sejumlah upaya. Antara lain berupa pembinaan dan penyuluhan. "Pertama kami akan mengumpulkan, baik itu orang tua, guru, maupun perangkat desa. Ini sebagai upaya dan kepedulian kita sebagai orang tua memperhatikan keselamatan, khususnya anak-anak yang bermain. Apalagi kemarin bermain di median jalan yang cukup berbahaya," ungkapnya.

Ditambahkan Sutono, pihaknya juga akan melakukan upaya-upaya lain melalui peningkatan kegiatan patroli. "Ayo kita sama-sama saling tanggap, peduli, bahwa keselamatan anak ini paling utama. Kita akan tingkatkan patroli khususnya di exit tol karena di situ kondisinya sepi, jalannya lurus. Sangar berbahaya apabila ada anak bermain di situ," pungkasnya.

Sebelumnya, video seorang anak yang mengendarai sepeda di atas median jalan di jalan tembus dari exit tol depan Grosir Setono Kota Pekalongan menuju ke interchange jalan tol Pemalang-Batang sempat viral di media sosial.

Anak laki-laki tersebut dengan asiknya mengayuh sepedanya di atas median jalan yang memisahkan jalur lambat dengan jalur cepat di ruas exit tol Setono Kota Pekalongan. (way)

Tags :
Kategori :

Terkait