Ormas dan LSM Diajak Turut Jaga Kondusivitas

Jumat 04-09-2020,10:16 WIB

*Jelang Pilkada Serentak 2020

KOTA - Jelang Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pekalongan pada 9 Desember 2020 mendatang, seluruh komponen masyarakat diminta turut menjaga situasi aman dan kondusif di Kota Pekalongan. Tak terkecuali, seluruh organisasi kemasyarakatan (ormas) dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Kota Pekalongan. Mereka semua diminta menjaga kondusivitas wilayah.

Demikian disampaikan Kapolres Pekalongan Kota AKBP Egy Andrian Suez, yang diwakili Kepala Bagian Perencanaan (Kabag Ren) Kompol Trismiyanto, dalam acara Silaturahmi Kapolres Pekalongan Kota dan Forkopimda dengan Ormas dan LSM dalam Rangka Menciptakan Situasi Kamtibmas yang Aman dan Kondusif di Kota Pekalongan yang digelar di Hotel Nirwana, Kamis (3/9/2020).

"Ormas dan LSM memiliki fungsi menjaga kerukunan dan mengawal kepentingan masyarakat, menjaga stabilitas politik dan sosial, mampu menengahi, sehingga dapat terjalin hubungan baik. Bahkan, menyampaikan pandangan, kritikan, atau konsep tandingan, tetapi muaranya bagaimana terwujudnya kesejahteraan masyarakat," jelas Kompol Trismiyanto, didampingi Dandim, Plt Kepala Kesbangpol, Kasat Intelkam, dan perwakilan pengurus ormas dan LSM.

Oleh sebab itu, ungkapnya, diperlukan sinergitas untuk mewujudkan Kota Pekalongan yang aman dan kondusif oleh aparatur pemerintah, aparat keamanan, dan elemen masyarakat.

Ditambahkan Kabag Ren, silaturahmi antara Polres Pekalongan Kota bersama Forkopimda, Ormas dan LSM ini digelar sebagai upaya mewujudkan situasi yang kondusif, aman, tertib, lancar dan terkendali khususnya menjelang Operasi Mantap Praja 2020 Pilwalkot Pekalongan.

"Upaya kami dari jajaran kepolisian dengan memperkuat tali silaturahmi dan kerjasama antara elemen-elemen masyarakat, ormas, LSM untuk bersatu padu mengamankan situasi Kota Pekalongan agar tetap kondusif baik sebelum pelaksanaan, saat hari H pemungutan suara maupun pasca Pilwalkot 2020," imbuh Kompol Trismiyanto.

Mewakili Wali Kota Pekalongan, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Kesbangpol Kota Pekalongan, Sukirno, meminta ormas dan LSM untuk memaksimalkan fungsinya dalam mendukung program Pemerintah Kota Pekalongan untuk menuju pembangunan ke arah yang baik. Selain itu, mampu menciptakan suasana yang aman dan kondusif dalam menjaga lingkungan di wilayahnya masing-masing, terlebih jelang menghadapi pilkada serentak 2020 mendatang.

Sebagaimana banyak pemberitaan di berbagai media, terangnya, disebutkan sering terjadi konflik sosial masyarakat yang berbau SARA dan mengarah pada kekerasan massa di berbagai daerah. Maka pencegahan secara dini terhadap gejala dan potensi yang dinilai merusak, hendaknya dapat secara tepat dilakukan.

"Untuk itu, penyelenggaraan forum semacam ini dinilai tepat dalam rangka untuk menjalin kerjasama dan kemitraan dari berbagai pihak, termasuk komponen dan lembaga di lingkungan kelurahan, seperti LSM, ormas, tokoh masyarakat setempat dan lain sebagainya," ucap Sukirno.

Menurut Sukirno, ormas sebagai lembaga yang anggotanya dinilai mempunya pengetahuan dan informasi yang lebih dibandingkan dengan masyarakat lainnya, hendaknya dapat memberikan rasa aman, tentram, dan nyaman dalam kehidupan bermasyarakat. Pihaknya berharap ormas, LSM dan seluruh elemen masyarakat tidak mudah terpancing dengan isu-isu politik maupun isu-isu yang dapat mengakibatkan perpecahan masyarakat, terlebih dalam waktu dekat Kota Pekalongan akan melaksanakan pesta demokrasi Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

"Semoga Kota Pekalongan senantiasa dalam situasi dan kondisi yang aman, tentram, dan damai. Insya Allah menuju kota yang Baldatun Tayyibatun wa Rabbun Ghafur," terang Sukirno.

Sementara, Dandim 0710/Pekalongan Letkol Czi Hamonangan Lumban Toruan menegaskan jajaran TNI siap membantu Pemda dan Polri untuk memastikan kondisi di Pekalongan tetap kondusif dan aman terkendali. Pihaknya juga akan melibatkan ormas dan LSM untuk turut serta membantu keamanan dalam pelaksanaan Pilkada mendatang.

"Kegiatan ini sangat bagus sebagai upaya merajut sinergitas antara Pemkot,TNI/POLRI dengan Ormas dan LSM. Dengan sinergitas yang terbentuk ini nantinya akan terjalin kerja sama yang sangat baik demi menciptakan Kota Pekalongan yang aman dan kondusif," katanya.

Ditambahkan Dandim upaya dan langkah yang akan diambil ke depan, diantaranya melaksanakan patroli gabungan yang mana juga akan mengajak kalangan ormas dan LSM di Kota Pekalongan agar turut menjaga kondusivitas wilayah. "Terutama dalam waktu dekat akan ada Pilkada di Kota Pekalongan," imbuhnya. (way)

Tags :
Kategori :

Terkait