OW Diminta Sediakan Ruang Pamer Produk UMKM

Selasa 31-12-2019,15:00 WIB

Wakil Bupati Batang, H Suyono SIP MSi

BATANG - Wakil Bupati Batang, H Suyono SIP MSi meminta destinasi wisata di Batang menyediakan ruang pamer kerajinan UMKM sebagai media mengenalkan produk unggulan lokal ke masyarakat luas. Terlebih, kunjungan wisatawan di Batang meningkat 100 persen dibanding tahun sebelumnya, sehingga objek wisata bisa menjadi wadah promosi yang efektif.

"Sementara ini, ide kreatif masyarakat untuk membuka gallery hendicraf belum bermunculan di daetah wisata atas. Saya mengajak masyarakat yang punya insting bisnis melakukan berbagai kegiatan usaha, peluangnya besar karena Batang sebagai tempat kunjungan wisata dan investasi," jelas Suyono, Senin (30/12), di ruang kerjanya.

Kabupaten Batang sebagai tujuan wisata dan investasi, kata dia terbukti dapat memberikan efek pengganda bagi peningkatan kesejahtetaan masyarakat. Maka masyarakat Batang harus menangkap peluang-peluang usaha agar tidak jadi penonton.

"Pemkab terus support dari semua sisi, baik infrastruktur, pelatihan wirausaha dan pemodalan bagi pelaku usaha UKM, IKM dengan memfasilitasi pinjaman lunak tanpa agunan," ujar Suyono.

Ia berharap, peran Pemerintah Daerah sebatas fasilitator saja. Masyarakatlah yang diharap lebih aktif mengembangkan wisata dan usaha di bidang handycraft, kuliner, dan lainya.

"Usaha bidang pariwisata dapat membuka simpul perekonomian baru. Batang memiliki geografis yang kumplit, ada laut, daratan dan pegunungan, memiliki potensi yang luar biasa untuk dikembangkan," tutup Suyono. (nov)

Tags :
Kategori :

Terkait