Songsong Adiwiyata, Sulap Madrasah jadi Asri

Selasa 12-11-2019,15:50 WIB

*MI Salafiyah Karanganyar 01

KEBERSIHAN - Para siswa MI Salafiyah Karanganyar 01 tengah melaksanakan kegiatan kebersihan.

TIRTO - Membawa misi sekolah adiwiyata, Madrasah Ibtidaiyah (MI) Salafiyah Karanganyar 01 mulai menyulap seluruh sisi madrasah menjadi bersih dan asri. Beberapa sudut madrasah diberi sentuhan hijau untuk menambah asri dan rasa nyaman siswa dalam kegiatan belajar mengajar.

Kepala MI Salafiyah Karanganyar 01, Yusrol Hafidz, menuturkan sudah satu tahun terakhir seluruh warga MI Salafiyah Karanganyar 01 mulai berfokus pada perbaikan fisik madrasah. "Alhamdulillah sedikit demi sedikit sudah mulai diperbaiki. Mulai dari pembuatan kolam, gapura sederhana, perbaikan ruang kelas, dan lain sebagainya," tutur dia.

Berlokasi satu kompleks dengan MI Salafiyah Karanganyar 02, pihaknya bersama-sama membenahi lingkungan khususnya halaman madrasah. Sebagai langkah awal, MI Salafiyah Karangayar 01 dan 02 bersiap untuk maju menuju penilaian adiwiyata tingkat Kabupaten Pekalongan.

"Kami sudah mendapat bimbingan dari Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Pekalongan. Masih ada banyak hal yang mesti kami siapkan. Tidak hanya pembenahan fisik, tapi juga administrasi yang perlu ditata sebelum penilaian nanti," imbuh Pak Yus, sapaan karibnya.

Dalam menjalankan program adiwiyata, pihaknya mengaku harus melibatkan seluruh elemen madrasah untuk dapat bergerak maksimal. "Tidak bisa (guru) hanya bergerak sendiri. Semua harus terlibat, mulai dari siswa, dukungan orang tua, pengurus yayasan, dan juga masyarakat sekitar," tambahnya.

Selain pembenahan fisik, pihaknya juga berfokua pada pengembangan pola pikir khususnya penanaman kesadaran peduli lingkungan pada seluruh warga madrasah. "Pembiasaan juga sangat penting untuk dimulai dan juga dijaga. Mulai dari kesadaran membuang sampah, hemat energi, peminimalan sampah plastik, dan masih banyak lagi yang lainnya," pungkasnya. (yak)

Tags :
Kategori :

Terkait