Wali Kota Pekalongan Raih Anugerah TOP Pembina BUMD 2020

Selasa 08-09-2020,10:40 WIB

KOTA - Karena berhasil membina PT BPR Bank Pekalongan menjadi bank yang berkinerja baik, Wali Kota Pekalongan HM Saelany Machfudz SE menerima penghargaan nasional sebagai TOP Pembina BUMD 2020 dari Institut Otonomi Daerah, dalam acara TOP BUMD Awards 2020 di The Rafflesia Grand Ballroom Balai Kartini Jakarta Jalan Gatot Subroto Kuningan Jakarta, belum lama ini.

Tidak hanya Wali Kota, Direktur Utama PT BPR Bank Pekalongan Agus Djunaedi juga menerima penghargan sebagai Top CEO BUMD 2020, serta PT BPR Bank Pekalongan sebagai juara kategori TOP BUMD 2020-star4 yang diberikan oleh Prof DR Djohermansyah Djohan MA, dan Moh Lutfi Handayani MM MBA

.

Agus Djunaedi mengaku, BPR Bank Pekalongan mendapat penghargaan bintang empat sebagai TOP BUMD 2020 karena memiliki pencapaian kinerja bank yang baik. Itu dibuktikan progres laporan keuangan yang baik dan sehat. "Alhamdulillah, selama ini pencapaian kinerja PT BPR Bank Pekalongan, tergolong baik. Semua ini berkat dari kerja keras semua pihak, dari segenap karyawan Bank Pekalongan. Serta dukungan dari Walikota dan jajaran Pemkot Pekalongan," ucapnya.

Parameter keberhasilan kinerja Bank Pekalongan lainnya, tambah Agus Djunaedi, ialah kepemimpinan dan manajemen yang baik dan relatif selaras dengan visi BUMD, telah melakukan inovasi atau perbaikan namun kurang didukung teknologi informasi, memiliki peran penting dalam pembangunan ekonomi di daerah. "Kami lakukan kerjasama dengan Gapensi, AKSI, ASKONAS dan Forkopindo, dalam bidang pembiyaaan pembangunan daerah, kami berikan kemudahan. Begitupula untuk pinjaman pelaku UKM, pinjaman dibawah Rp 2 juta, kami bebaskan dari agunan," tuturnya.

Dengan pemberian penghargaan dari Institut Otonomi Daerah, sambung Agus, pastinya menjadi vitamin bagi segenap karyawan Bank Pekalongan untuk bekerja lebih baik lagi dalam melayani nasabah.

Ditempat terpisah, Wali Kota Pekalongan HM Saelany Machfudz SE menyampaikan, dengan penghargaan Top BUMD tersebut sebagai pemacu bagaimana Bank Pekalongan untuk bisa memberikan manfaat dan kontribusi terhadap masyarakat luas. "Kami ingin selalu memastikan bahwa BUMD tetap unggul dalam segi bisnis, layanan, dan kontribusinya terhadap perekonomian daerah," ucapnya.

Wali Kota menyampaikan, bila Bank Pekalongan menunjukkan kinerja yang terbaik dalam segala hal. Pastinya akan membuahkan prestasi. "Ini adalah bukti nyata bahwa kerja keras itu pasti akan membuahkan hasil walapun kita tidak berharap. Ini menandakan bahwa Bank Pekalongan bisa gemilang dalam bidang usaha keuangan," terangnya.

Ketua Penyelenggara M Lutfi Handayani pada acara bertema 'Kinerja BUMD Hebat, Ekonomi Daerah Melesat' itu menerangkan, tujuan dan harapan diselenggarakannya Top BUMD Awards diantaranya untuk membangun ekonomi Indonesia melalui percepatan pembangunan ekonomi daerah dengan cara meningkatkan jumlah BUMD-BUMD hebat yang kinerjanya handal.

Dengan begitu, harap dia, semakin banyak bermunculan BUMD yang terus melakukan perbaikan dalam pengelolaan usaha agar kinerja dan layanan terus meningkat, sehingga BUMD-BUMD hebat dapat lebih berkontribusi dalam pembagunan ekonomi di daerah maupun nasional.

Ketua Dewan Juri Djohermansyah Djohan menambahkan, keberadaan BPR mengemban tugas yang mulia dengan cara melakukan pemberantasan rentenir secara konsisten karena menghindarkan masyarakat ekonomi kelas bawah dari jeratannya yang mengenakan bunga pinjaman hingga puluhan bahkan ratusan persen.

"Kehadiran BPR dalam pemberantasan renternir, harus kita dukung dan kita apresiasi karena itu adalah salah satu upaya nyata untuk mendorong masyarakat bawah menjadi naik kelas dan tidak terjebak dalam jeratan kemiskinan yang berkelanjutan,"ungkapnya.

Perlu diketahui, TOP BUMD Awards adalah satu-satunya kegiatan corporate rating (penilaian kinerja BUMD), yang terbesar paling kredibel, dan komprehensif di Indonesia. TOP BUMD Awards merupakan penghargaan yang diberikan kepada BUMD-BUMD Terbaik di Indonesia, atas achievement (prestasi), improvement (perbaikan), dan contribution (kontribusi) BUMD yang telah dilakukan, terkait kinerja bisnis, layanan, dan kontribusi terhadap perekonomian daerah.

Kegiatan TOP BUMD Awards, diselenggarakan oleh majalah Top Business (yang diterbitkan PT Madani Solusi Internasional) bekerjasama dengan Institut Otonomi Daerah (i-OTDA) dan beberapa Lembaga, Asosiasi dan Konsultan Bisnis, seperti SGL Management, PPM Manajemen, Sinergi Daya Prima, Dwika Consulting, Melani K Harriman & Associate, dan Solusi Kinerja Bisnis.(dur)

Tags :
Kategori :

Terkait