Suami Istri Anggota DPRD Salurkan Air Bersih

Selasa 10-09-2019,17:00 WIB

AIR BERSIH - Anggota DPRD Kabupaten Pekalongan Candra Saputra bersama petugas BPBD Kabupaten Pekalongan turun langsung ke masyarakat untuk menyalurkan air bersih. TRIYONO

Bersama BPBD Kabupaten Pekalongan

Pasangan suami istri Candra Saputra dan Shinanta Previta Anggraeni yang merupakan anggota DPRD Kabupaten Pekalongan ini memang peka dan peduli terhadap lingkungan. Meski baru dilantik, namun berbagai kegiatan yang langsung dirasakan masyarakat sudah dilaksanakan.

Kemarin, dua anggota dari Fraksi PAN ini kembali membuktikan kepeduliannya kepada masyarakat. Di tengah kesulitan masyarakat mendapatkan air bersih, kedua wakil rakyat ini pun turun. Mereka menyalurkan air bersih bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pekalongan di Desa Jagung Kecamatan Kesesi, Senin (9/9).

Untuk sekadar diketahui, air bersih merupakan kebutuhan dan merupakan aspirasi warga Desa Jagung. Beberapa bulan terakhir ini, warga mengalami kesulitan air bersih terutama untuk minum dan masak. Sedangkan untuk mandi dan mencuci warga tetap menggunakan air sumur.

Untuk menjaga agar air tetap jernih, tak sedikit warga menyiasati dengan menyedot air dari sungai menggunakan pompa guna mengaliri lingkungan sekitar. Sehingga rembesan air masuk ke dalam sumur warga.

Hal itu diakui warga setempat, Wasjuri. "Warga sudah lama kesulitan air bersih bahkan untuk minum dan masak saja harus beli air galon tiga hari sekali," ungkapnya di sela sela mengantri untuk mendapatkan air dari tangki BPBD Kabupaten Pekalongan.

Senada diungkapkan tokoh masyarakat Desa Jagung, Kecamatan Kesesi, Damari. Menurutnya sejak matinya mesin Pamsimas sekitar dua tahun lalu, warga kesulitan air bersih untuk minum dan masak.

"Untuk masak warga harus beli galon tiga hari sekali, padahal harganya tiap galon Rp 4.000. Dengan bantuan air bersih ini kami menyampaikan terimakasih sekali karena warga cukup terbantu," ungkapnya.

Sementara anggota DPRD Kabupaten Pekalongan Shinanta Previta Anggraeni menyampaikan bahwa sebelum penyaluran air bersih, pihaknya menerima keluhan dari masyarakat sekitar karena memasuki kemarau panjang warga Desa Jagung Kesesi kesulitan air bersih.

"Nah aspirasi tersebut kemarin langsung kami tindak lanjuti dengan koordinasi bersama BPBD Kabupaten Pekalongan dan alhamdulillah saat ini bisa terealisasi, sehingga warga bisa menikmati tidak harus membeli, " kata Shinanta didampingi suaminya, Candra Saputra.

Mengenai air bersih, dirinya langsung tanggap karena untuk sekarang memang air bersih sangat dibutuhkan dan benar benar vital untuk kehidupan sehari hari.

"Dengan seperti ini saya bisa mengetahui permasalah permasalah yang ada di masyarakat, " ungkap Candra.

Dari pantauan, saat truk tangki air bersih dari BPBD Kabupaten datang, sejumlah warga langsung mengeluarkan ember, dirigen, galon untuk diisi air bersih. Saat itui anggota DPRD Kabupaten Pekalongan Candra Saputra bersama petugas BPBD mengisi dirigen dan galon air milik warga yang mengantri. (Yon)

Tags :
Kategori :

Terkait