Warga Temukan Seekor Lutung Jawa di Kebun Desa Sawangan Paninnggaran

Kamis 03-09-2020,18:45 WIB

PANINGGARAN - Warga Desa Sawangan Kecamatan Paninggaran digemparkan penemuan seekor hewan langka Lutung Jawa. Hewan langka tersebut ditemukan oleh warga di sebuah kebun tepatnya belakang SDN Sawangan, sekira pukul 14.00 wib.

Data dihimpun, bahwa lutung tersebut masuk ke kebun warga, dimana di duga sebelumnya lutung telah bermigrasi dari area hutan yang letaknya tidak jauh dari pemukiman warga di Desa Sawangan. Adapun kondisi lutung dalam keadaan lemas diduga jatuh dari atas pohon dan tergeletak di rerumputan kebun. Lutung tersebut tidak terdapat bekas luka jerat dan tidak ditemukan tali atau alat penjerat lainnya pada tubuh lutung.

Penemuan lutung bermula Ahmad Muzadi warga sekitar bermaksud untuk berkunjung ke rumah temannya, dimana lokasi rumah tersebut berada di belakang gedung SDN Sawangan dengan dibatasi kebun. Namun pada melintas, kebetulan bertemu dengan warga sekitar yang menginformasikan secara lisan bahwa terdapat seekor binatang lutung yang didapati telah masuk ke dalam kebun milik warga.

Kemudian Muzadi mendekati hewan lutung tersebut untuk diamankan dengan cara, lutung dimasukkan ke dalam karung dengan maksud dan tujuan untuk menolong lutung agar segera mendapatkan perawatan. Karena saat ditemukan lutung dalam kondisi lemas.

Selanjutnya, lutung dibawa ke sebuah bengkel las beralamat di pinggir jalan raya Desa Sawangan Kecamatan Paninggaran, kebetulan di bengkel tersebut terdapat kandang yang terbuat dari besi dengan ukuran lebar dan tinggi 1 m dan panjang 2 m.

"Kemudian setelah lutung dia makan karena kondisi kemah, kami informasi ke kantor Polsek Paninggaran. Setelah menerima laporan dari warga, anggota Polsek Paninggaran mendatangi bengkel las, " terang Ahmad Muzadi.

Kemudian kata dia, lutung beserta kandang dibawa ke kantor Polsek Paninggaran. Rencananya lutung tersebut akan diserahkan ke BKSDA Kabupaten Pekalongan terkait hewan yang dilindungi.

"Karena hewan lutung tersebut saat ini sudah langka, " imbuhnya.

Terpisah Kapolres Pekalongan AKBP Aris Tri Yunarko melalui Kasubag Humas AKP Akrom membenarkan adanya seekor lutung Jawa yang diamankan. Adapun lutung tersebut rencananya akan diserahkan ke Pihak BKSDA. (yon)

Tags :
Kategori :

Terkait