Pesantren Diliburkan, Santri Pulang Kampung

Selasa 17-03-2020,16:16 WIB

DILIBURKAN - Pengasuh Ponpes Darul Hikmah di Desa Lanji, Kecamatan Patebon, meliburkan pesantren selama 14 hari dan mempersilahkan santrinya pulang ke kampung halamannya.

KENDAL - Tidak hanya sekolah yang diliburkan selama 14 hari, terkait antisipasi virus Corona (COVID-19), Pondok Pesantren (Ponpes) di Kabupaten Kendal juga ikut meliburkan para santrinya. Salah satunya Ponpes Darul Hikmah di Desa Lanji, Kecamatan Patebon.

Pengasuh Ponpes Darul Hikmah, KH Nur Kholidin, mengatakan, selain meliburkan siswa di SMP pondok pesantren, juga meliburkan para santrinya. Selama libur 14 hari mulai tanggal 16-29 Maret 2020, para santri dipersilahkan untuk pulang ke kampung halaman. Namun bagi santri yang tidak, tetap mengikuti pengajian rutin seperti biasa. Kebijakan meliburkan sekolah dan pondok pesantren, karena menindaklanjuti Surat Edaran (SE) Bupati Kendal, yang dikirim Dinas Pendidikan Kendal melalui WA pada Minggu malam tadi.

"Karena sekolah diliburkan, maka kebijakan pondok juga ikut meliburkan santri, sehingga dipersilahkan untuk pulang ke kampung halaman," jelasnya.

Nur Kholidin mengungkapkan, selama sekolah diliburkan, kegiatan belajar mengajar akan dilakukan melalui grup WA masing-masing kelas. Para guru akan memberikan materi pelajaran dan penugasan melalui grup WA, sehingga para siswa yang pulang ke kampung halaman tetap mengikuti pembelajaran jarak jauh melalui grup WA.

"Pemberian materi lewat grup WA bisa dalam bentuk tulisan atau video," tukasnya. Salah satu santri, Muhammad Rizky Sidik mengatakan, selama sekolah diliburkan, dirinya akan pulang ke kampung halaman. Ia pun sudah bersiap-siap untuk pulang ke kampung, menunggu jemputan dari keluarganya.

"Iya, nanti akan pulang kampung, nunggu jemputan nanti sore," katanya.

Di pondok pesantren Darul Hikmah ini memiliki sekolah jenjang SMP untuk santri putra dan putri. Jumlah siswa kelas 7, 8 dan 9 yang masing-masing ada 20 siswa. Selain itu juga ada beberapa santri yang mengikuti program Paket Kejar C di PKBM Patebon. Bagi santri yang bersekolah di SMP, selain mengikuti kegiatan belajar di sekolah, juga mengikuti pengajian rutin setiap hari yang diadakan oleh pondok pesantren. Pengajian rutin tiap hari dilakukan sebelum dan sesudah solat Subuh, bakda solat Dhuhur, Ashar, Maghrib dan Isya. (lid)

Tags :
Kategori :

Terkait