Sukirman Sosialisasikan Kesehatan Perempuan Untuk Menciptakan Generasi Yang Tangguh

Sabtu 28-01-2023,09:04 WIB
Editor : Bayu aditiya

WONOPRINGGO - Wakil DPRD Provinsi Jateng H. Sukirman melaksanakan kegiatan Sosialisasi Non Perda tentang Kesehatan Perempuan untuk Menciptakan Generasi yang Tangguh kepada ibu-ibu Muslimat Kecamatan Wonopringgo, Jumat (27/1/2023). 

Dalam kegiatan tersebut, Sukirman menerangkan bahwa perempuan harus terpenuhi layanan kesehatan bagi dirinya. Ketimpangan gender kadang menyulitkan perempuan mendapatkan layanan kesehatan. 

"Perempuan seringkali tidak memiliki akses maupun kontrol atas makanan bergizi, air bersih, maupun layanan kesehatan, terlebih saat sumber daya yang tersedia dalam keluarga minim. Saat sakit, perempuan seringkali harus mendapatkan izin suami untuk mengakses layanan kesehatan," tuturnya. 

Perempuan dalam keluarga berada dalam posisi sulit untuk mengontrol keuangan keluarga bahkan mengalami kekerasan ekonomi seperti larangan bagi perempuan untuk bekerja dan berpenghasilan atau membatasi pengeluaran. Hal ini berujung pada kesulitan perempuan dalam mengakses layanan kesehatan, tidak hanya bagi dirinya namun juga anaknya.

"Oleh karena itu, memajukan kesehatan perempuan sangat penting tidak hanya berdampak baik pada perempuan saja untuk meningkatan kesejahteraan tetapi juga seluruh pihak," jelasnya. 

Memastikan perempuan dan anak mendapat akses dan kontrol yang setara terhadap makanan bergizi, air bersih, layanan kesehatan, jaminan sosial kesehatan, maupun teknologi informasi dan komunikasi dibutuhkan peran kepemimpinan perempuan. Peran pemimpin perempuan dalam bidang kesehatan akan mendorong keputusan dan kebijakan yang berperspektif gender.

"Representasi perempuan dalam bidang kesehatan tidak hanya pada level teknis tetapi juga dalam level kepemimpinan sebagai pembuat kebijakan. Bagi seluruh pemangku kepentingan, gunakan perspektif gender dalam setiap rekomendasi, keputusan, program dan kebijakan tangan untuk mensejahterakan perempuan, demi kesejahteraan bangsa," pungkasnya. 

Tags :
Kategori :

Terkait