Dua Granat Temuan Warga Dimusnahkan dengan Cara Diledakan

Selasa 21-02-2023,12:40 WIB
Reporter : Wahyu Hidayat

KOTA - Dua buah granat temuan warga Pekalongan akhirnya diledakkan Tim Jibom Brimob. Dua granat jenis granat tangan berbentuk nanas tersebut sebelumnya ditemukan oleh seorang warga Kelurahan Padukuhankraton, Kecamatan Pekalongan Utara, Kota Pekalongan saat melakukan renovasi rumah.

 

Disposal atau peledakan granat itu dilakukan Tim Penjinak Bom (Tim Jibom) Gegana Batalyon B Pelopor Satbrimob Polda Jateng di dekat area proyek pembangunan tanggul penanggulangan banjir rob di daerah Degayu, Kecamatan Pekalongan Utara, Kota Pekalongan pada Senin (20/2/2023) siang.

 

Teknis peladakan dikakukan oleh beberapa personel Tim Jibom menggunakan detonator dari jarak aman. Lokasi peledakan sendiri jauh dari permukiman penduduk.

 

Proses peledakan dipimpin oleh Kanit Jibom Batalyon B Pelopor Satbrimob Polda Jateng, Iptu Slamet Subagyo. 

 

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, proses peledakan juga mendapat pengamanan dari anggota Polres Pekalongan Kota, Polsek Pekalongan Utara, dan Koramil 19/Pekalongan Utara Kodim 0710/Pekalongan.

 

Peledakan dua granat temuan warga itu juga disaksikan Kabag Ops Polres Pekalongan Kota, Danramil 19/Pekalongan Utara, dan Camat Pekalongan Utara.

 

Komandan Batalyon B Pelopor Satbrimob Polda Jateng melalui Kanit Jibom, Iptu Slamet Subagyo, menjelaskan dua granat yang diledakkan itu sebelumnya memang masih aktif. "Sesuai SOP atau prosedur, granat temuan ini memang harus didisposal atau diledakkan," katanya.

 

Menurut Iptu Slamet Subagyo, granat tangan berbentuk nanas, atau granat nanas itu, daya ledaknya mampu mencapai 100 meter.

Kategori :