Dua Granat Temuan Warga Dimusnahkan dengan Cara Diledakan

Selasa 21-02-2023,12:40 WIB
Reporter : Wahyu Hidayat

 

Adapun teknis disposal atau peledakannya, adalah dengan cara ditanam di tanah sedalam kurang lebih 70 sentimeter, kemudian diledakkan dari jarak jauh menggunakan kabel dan detonator.

 

Peledakan granat tersebut berhasil. Kemudian, serpihan sisa granat yang diledakkan itu dibawa untuk diamankan.

 

Diberitakan sebelumnya, Seorang warga Kota Pekalongan menemukan 2 granat dan 1 pistol di loteng saat merenovasi rumahnya,l. Kedua granat yang diduga masih aktif serta sepucuk pistol tanpa amunisi itu kemudian diserahkan ke TNI Kodim 0710/Pekalongan.

 

Dandim 0710/Pekalongan Letkol Inf Rizky Aditya mengatakan, penemuan granat dan pistol itu bermula ketika seorang warga bernama Wilsa Widyaningsih (50), warga Jalan Manunggal 17, Kelurahan Padukuhankraton, Kecamatan Pekalongan Utara, Kota Pekalongan melakukan renovasi rumah pada Kamis (17/2/2023).

 

Ketika itu, Wilsa meminta tolong pekerja yakni seorang tukang rongsok untuk membersihkan barang-barang di rumahnya. Kemudian, tukang rongsok itu melapor ke pemilik rumah kalau ditemukan granat dan pistol di atas loteng.

 

"Warga saat melaksanakan renovasi rumah, di atas loteng menemukan dua granat nanas dan satu pistol. Pistol ini buatan antara tahun 1908 sampai dengan 1930 dan sudah tidak diproduksi lagi sekarang," kata Dandim.

 

Granat dan pistol itu diperkirakan merupakan peninggalan dari kakek warga yang bersangkutan. Namun baru diketahui saat rumah peninggalan kakek itu direnovasi. 

 

Kemudian, warga bernama Wilsa itu menghubungi Babinsa setempat, Serka Alosius Jawa. "Setelah itu laporan secara prosedural, lalu kita amankan barang-barang tersebut," imbuh Dandim.

Kategori :