Perkuat Literasi Sampai Pelosok Batang

Selasa 21-02-2023,13:45 WIB
Reporter : Novia Rochmawati

*Disperpuska Siap Gandeng TP PKK

 

BATANG - Disperpuska Batang menunjukkan komitmennya dalam membangun literasi hingga ke pelosok desa. Hal ini salah satunya dengan melakukan percepatan program perpusdes di semua desa yang ada di Batang. 

 

Kepala Disperpuska Batang, Rakhmat Nurul Fadilah, menyebut untuk mendukung hal ini, Disperpuska bakal turut menggandeng TP PKK Batang. Dengan ini, diharapkan kegiatan Perpusdes bisa semakin aktif, karena ada di bawah naungan PKK di masing-masing desa.

 

"Seperti kita lihat, Perpusdes di Batang itu seperti hidup enggan mati tak mau. Hal ini karena memang belum adanya anggaran ataupun pembinaan terhadap perpusdes. Sehingga nantinya ketika berkolaborasi dengan PKK tiap desa, Perpustakaan diharapkan bisa lebih hidup dan aktif dalam berkegiatan khususnya dalam mendukung literasi di desa-desa," ujarnya. 

 

Dikatakannya, saat ini baru 48 desa di Batang yang memiliki perpusdes. Kedepannya diharapkan secara bertahap seluruh desa Keluarahan di Batang dapat memiliki perpusdes. 

 

"Kita programkan tahun ini untuk bisa terbentuk perpustakaan desa di desadan kelurahan seluruh Batang. Untuk tahap pertama di tahun ini, nanti kami akan fokus percepatan untuk di tiga kecamatan. Yakni di kecamatan Wonotunggal, Blado dan Subah," imbuh Rahmat. 

 

Saat ini, pihaknya lewat DPRD Batang akan masih membuat Perda terkait penyelenggaraan dan pengelolaan perpustakaan. Sembari menunggu realisasi perda tersebut, pihaknya pun akan terus melakukan pembentukan perpusdes sebagai replikasi transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial. 

 

Dengan program percepatan pembentukan perpusdes ini, diharapkan dapat mendukung Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat yang ada di Batang. Lantaran saat ini, Batang masih masuk kategori rendah. 

Kategori :