Gunakan Bahan-Bahan di Dapur, Ini Cara Praktis Usir Tikus dari Rumah

Senin 10-07-2023,07:26 WIB
Reporter : Hadi Waluyo
Editor : Hadi Waluyo

Bedak bayi dapat mengganggu fungsi tubuh tikus. Jika bedak tersebut termakan oleh tikus, maka tikus akan kabur dan pergi dari rumah. Letakkan bedak bayi di sarang tikus.

14. Bersihkan sisa makanan 

Selalu bersihkan sisa makanan dan tetesan minuman di meja makan atau dapur. Sebab, tikus Makanan yang tertinggal sangat menarik tikus, jadi segera cuci dan bersihkan area serta bekas makan. 

15. Pelihara kucing 

Kucing merupakan predator alami tikus, sehingga jika ada tikus akan dimangsanya. 

16. Bersihkan semak-semak 

Semak dan pohon yang tumbuh tinggi di dekat rumah bisa menjadi lokasi bersembunyi tikus untuk selanjutnya masuk ke dalam rumah. Untuk itu, potong dan bersihkan semak-semak di halaman rumah. 

17. Tebarkan bubuk kopi 

Kopi mengeluarkan aroma tajam yang bisa membuat tikus merasa tidak nyaman dan akhirnya pergi dari area yang ada kopinya. 

18. Menggunakan merica 

Untuk membasmi tikus, taburkan merica di sudut rumah yang sering hama itu lewati. 

19. Menggunakan cangkang telur 

Cara gunakan cangkang telur untuk mengusir tikus adalah dengan menumbuknya hingga berbentuk bubuk halus. Lalu, taburkan bubuk cangkang telur ini di sudut rumah yang disukai tikus.

20. Menggunakan racun tikus

Jika keberadaan tikus membandel, maka gunakan cara terakhir ini. Yakni menggunakan umpan yang telah diberi racun tikus. Namun, cara ini harus dilakukan dengan hati-hati, terutama saat menaruh umpan beracun ini. Jauhkan dari jangkauan anak-anak. Pasang umpan di malam hari, dan cepat bersihkan di pagi hari.  

 

Kategori :