Duh, 254 SD di Batang Belum Penuhi Kuota Rombel

Jumat 21-07-2023,08:30 WIB
Reporter : Novia Rochmawati
Editor : Novia Rochmawati

*Disdikbud Batang Kaji Wacana Merger

BATANG, RADAR PEKALONGAN - Sebanyak 254 dari 452 SD Negeri di Batang belum memenuhi kuota Rombel. Bahkan satu diantaranya, yakni SDN Kranggan 01 Kecamatan Tersono tidak memiliki murid baru sama sekali

 

Plt Kepala Disdikbud Batang, Bambang Suryantoro S, menyebut selain SDN Kranggan 01, juga ada SDN Sijono Kecamatan Warungasem yang hanya memiliki 3 siswa. 

Baca juga : Miris, 1 Sekolah di Batang Tak Dapat Siswa Baru

"Jumlah idealnya satu Rombel SD itu diisi 30 siswa. Nah untuk tahun ajaran baru ini ada 254 SD yan belum memenuhi target tersebut," jelas Bambang didampingi Kabid Pembinaan SD, Yulianto saat diwawancarai, Kamis (20/7/2023) . 

 

Untuk menyikapi hal tersebut pihaknya turut menyiapkan sejumlah solusi. Salah satunya Disdikbud Batang pun akan melakukan kajian untuk merger sekolah. 

 

Beberapa tahun terakhir sudah ada beberapa sekolah di Batang yang dimerger. Seperti SDN Jrakahpayung 01 dan 02 menjadi SDN Jrakahpayung, SDN Kambangan 01 dan 03 yang dimerger menjadi SDN Kambangan 01. Kemudian ada SDN Sidorejo 01 dan 02 yang dimerger menjadi SDN Sidorejo. Dan ada juga yang dimerger menjadi SDN Proyonanggan 02. 

 

"Tahun ini akan kami kaji rencana merger di SDN Proyonanggan 02 dan 06 serta SDN Kranggan 01 dan 02," ujar Bambang. 

 

Namun tak hanya sekadar merger, pihaknya juga akan melakukan peningkatan mutu. Hal ini sebagai upaya persiapan untuk menyambut tahun ajaran ke depan. Dimana dimungkinkan juga adanya pertambahan penduduk usia sekolah. 

 

Kategori :