Belum Terakreditasi A, PSDKU Undip Batang Tahun Ini Tak Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru

Selasa 25-07-2023,09:42 WIB
Reporter : Novia Rochmawati
Editor : Novia Rochmawati

BATANG, RADAR BATANG - Kabar kurang mengenakkan hadir dari Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) Universitas Diponegoro (Undip) Batang. Pasalnya di tahun ini kampus yang berada di Tumbrep Bandar ini tak membuka pendaftaran mahasiswa baru. 

 

Hal ini lantaran lantaran adanya regulasi baru, dimana program studi yang belum terakreditasi A tidak diperkenankan untuk membuka pendaftaran mahasiswa baru. Sedangkan prodi yang ada di Kampus Batang, yakni D3 Perpajakan, Kehumasan dan Akuntansi masih mengantongi akreditasi B. 

 

Aturan ini pun seperti dilansir dalam Permendikbud Nomor 7 tahun 2020 tentang Pendirian, Perubahan, Pembubaran Perguruan Tinggi Negeri, dan Pendirian, Perubahan, Pencabutan Izin Perguruan Tinggi Swasta. Sehingga Undip Semarang menerbitkan surat Nomor 364/UN7.A/AK/1/2023 tertanggal 12 Januari 2023 perihal Permohonan Penambahan Program Studi pada pilihan SNBP dan SNBT, berdasarkan pemantauan dashboard di sistem https://portal-snpmb.bppip.kemdikbud.go.id. 

 

Oleh karena itu, Panitia SNPMBi dapat menghapus semua program studi Diploma Tiga (D3) pada sistem dalam pilihan program studi jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) dan Selksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) Tahun 2023. Sehingga mulai tahun 2023 Universitas Diponegoro tidak menerima mahasiswa baru dari program Diploma Tiga. 

 

"Dari 21 program studi yang tidak menerima mahasiswa baru, 10 program studi sudah terbit SK penutupannya, 11 program studi lainnya sedang dalam proses penutupan," ujar Rektor Undip Semarang, Yos Johan Utama.

 

Meski begitu Undip masih terus berupaya dengan mengajukan untuk naik akreditasinya dari B ke A, sehingga perkuliahan di PSDKU Batang tetap bisa beroperasional dan menerima mahasiswa baru. 

 

"Kita masih terus berupaya untuk melanjutkan perkuliahan PSDKU Undip Batang. Meski beberapa program studi D3 sementara tidak menerima mahasiswa baru," tutur lelaki yang kerap disapa Prof Yos ini saat audensi dengan Penjabat (Pj) Bupati Batang Lani Dwi Rejeki, di Ruang Rektor Undip Semarang, Senin (24/7/2023).

 

Ia pun merencenakan program jenjang pendidikan tinggi diploma yang memilki kesetaraan dengan program sarjana S1 atau D4, seperti untuk program studi (Prodi) Engineering sipil dan Industri serta Engineering Kimia.

Tags :
Kategori :

Terkait