Gak Usah Bingung, Begini Cara Pesan Tiket Pesawat Secara Online, Gampang Banget!

Selasa 05-09-2023,06:00 WIB
Reporter : Naufal
Editor : Dony Widyo

RADARPEKALONGAN – Ingin naik pesawat tapi tidak memiliki waktu luang untuk memesan tiket pesawat, tenang saja karena ada cara pesan tiket pesawat secara online.

Memesan tiket pesawat secara online, bisa kamu lakukan jauh-jauh hari sebelum hari keberangkatan yang diinginkan.

Tentu saja cara ini dinilai cukup efektif. Sebab kamu tidak perlu takut untuk kehabisan tiket, karena kamu bisa memesannya jauh-jauh hari.

Buat kamu yang memiliki agenda terbang dengan pesawat, dan baru pertama kali akan melakukan penerbangan, tenang saja tidak usah khawatir, karena kami memiliki caranya, simak sampai selesai ya.

BACA JUGA:Wajib Tahu, Hal-Hal yang Tidak Boleh Dilakukan di Pesawat

Inilah cara pesan tiket pesawat secara online

1. Mencari informasi

Cara pesan tiket pesawat secara online, yang pertama harus kamu lakukan adalah mencari informasi, sebab saat ini sudah banyak sekali jasa penyedia tiket pesawat, yang dapat kamu pilih.

Namun dari banyaknya jasa penyedia tiket pesawat, hanya ada beberapa saja jasa penyedia tiket yang menawarkan harga terjangkau dan sesuai dengan yang kamu inginkan.

Oleh karena itu, pastikan terlebih dahulu untuk mencari informasi mengenai tiket pesawat, baik melalui online ataupun offline.

2. Masuk ke halaman web jasa penyedia tiket

Kamu juga bisa masuk ke dalam halaman web, jasa yang menyediakan tiket penerbangan pesawat, pastikan webnya resmi ya bukan web asal-asalan.

Sebab dengan kamu masuk ke dalam halaman web resminya, kamu akan sangat mudah memahami bagaimana caranya melakukan pemesanan tiket pesawat.

3. Melakukan registrasi secara lengkap

Memang tidak semua jasa menyediakan tampilan ini, namun meskipun demikian nyatanya ada beberapa jasa penyedia yang menyediakan tampilan seperti ini kok.

Nah untuk menu registrasi ini, alangkah lebih baiknya kamu isi terlebih dahulu, pastikan semua identitas ditulis secara lengkap, jangan sampai ada yang ketinggalan.

Sebab, jika ada satu saja yang ketinggalan, bisa saja kamu mengulanginya lagi dari awal, tentu saja hal ini sangat memakan waktu.

Biasanya dalam menu login juga terdapat kolom kontak yang dapat dihubungi, hal ini memiliki tujuan agar pihak penyedia jasa dapat menghubungimu sewaktu-waktu.

4. Masuk ke menu pencarian yang sudah disediakan

Pastikan ketika kamu masuk ke halaman pencarian, mengisinya dengan benar dan harus sangat teliti, agar tidak ada kolom yang tidak terisi alias kosong atau bahkan salah.

Sebab jika kamu mengisi kolomnya salah, maka pemesanan tiket yang kamu lakukan juga akan salah, oleh karenanya pastikan semuanya benar, tidak usah terburu-buru.

BACA JUGA:Simpan Buat Nanti, Ini 11 Tempat Wisata Gratis Asyik di Singapura

5. Memilih maskapai penerbangan yang diinginkan

Cara pesan tiket pesawat secara online selanjutnya yang harus kamu perhatikan, adalah memilih maskapai penerbangan yang akan kamu gunakan.

Biasanya bagian ini akan muncul setelah halaman pencarian kamu terisi dan kemudian munculah menu untuk memilih maskapai penerbangan.

Dalam tampilan ini, kamu bisa memanfaatkan menu filter ataupun sortir, hal ini bertujuan agar kamu bisa mendapatkan maskapai yang sesuai dengan keinginanmu.

Kamu bisa memilihnya dari mulai harga maskapai penerbangan termurah, sampai harga maskapai penerbangan termahal, semuanya bisa kamu atur.

Selain itu, kamu juga dapat mengatur waktunya, sehingga dengan demikian kamu dapat memastikan sampai di bandara yang di tuju nantinya jam berapa.

6. Mengisi data penumpang lengkap

Untuk pengisian data ini, ada hubungannya dengan langkah atau tahapan ketika melakukan login, dan ketika informasinya sudah tersimpan kamu tidak perlu melakukan pengisian lagi.

Sebab sudah otomatis, namun ketika kamu tidak melakukan pengisian dengan lengkap, maka kamu harus segera melengkapinya.

7. Proses pembayaran

Sebelum lanjut ke proses pembayaran, jangan lupa cek kembali mengenai tujuan dan identitasmu, apakah sudah sesuai atau belum.

Jika dirasa belum sesuai dan masih ada yang kurang pas, kamu bisa mengulanginya lagi sampai benar-benar sesuai.

Kemudian jika dirasa sudah pas dan sesuai, kamu bisa melanjutkan ke proses pembayaran, biasanya pihak maskapai penerbangan memberikan banyak pilihan metode pembayaran.

Seperti pembayaran melalui mobile, atau internet banking, transfer atm dan juga menggunakan kartu kredit.

8. Konfirmasi pembayaran

Langkah selanjutnya, jika kamu sudah selesai proses pembayaran, kamu harus segera konfirmasi mengenai bukti pembayaran tersebut.

Nah jika kamu sudah memberikan konfirmasi, kamu sudah bisa langsung mencetak tiketnya, biasanya secara online terlebih dahulu, sebelum dicetak kembali secara fisik ketika di bandara.(*)

Kategori :