4 Cara Mengatasi Entok Tidak Mau Makan, Bisa Gunakan Ramuan Herbal Buatan Sendiri

Jumat 15-09-2023,21:14 WIB
Reporter : Hadi Waluyo
Editor : Hadi Waluyo

RADARPEKALONGAN - Cara mengatasi entok tidak mau makan tak sesulit yang dibayangkan. Tak hanya andalkan pemberian suplemen, kamu bisa buat sendiri ramuan herbal dari bahan rimpang dan dedaunan di sekitar kita seperti kunyit, temulawak, daun pepaya dan lainnya.

Entok yang nafsu makannya turun akan jadi persoalan serius. Jika dibiarkan, daya tahan entok akan melemah hingga bisa sakit. Bahkan, bisa menyebabkan kematian pada entok.

Perhatikan perkembangan entok dengan baik. Jika entok tampak tak mau makan, amati dengan baik apakah stres, pakannya tak cocok, 

Sebelum mengulik lebih jauh cara mengatasi entok tidak mau makan, faktor apa yang bisa menghambat pertumbuhan entok dan apa saja yang memengaruhi pola makan entok perlu diketahui. Sehingga pemeliharaan entok kedepannya akan lebih tepat.

Baca juga:5 Penyakit Pada Entok, Cara Pencegahan dan Pengobatannya

Faktor Penghambat Pertumbuhan Entok

Berikut ini faktor entok tidak mau makan sehingga bisa menghambat pertumbuhannya:

1) Kualitas kandang

Buruknya kondisi kandang bisa menyebabkan entok tidak mau makan. Ukuran, lokasi, peralatan makan dan minum, dan kebersihan kandang menjadi hal yang harus diperhatikan agar entok tidak mudah stres, sehingga tidak mau makan. Rencanakan kandang dengan baik sejak awal ingin membudidayakan entok.

Entok tidak leluasa bergerak jika kandang terlalu sempit. Apalagi jika kandang entok kotor, entok mudah terserang penyakit. Jika sudah terserang penyakit, nafsu makan entok akan turun, bahkan tidak akan mau makan sama sekali.

2) Kualitas pakan 

Buruknya kualitas pakan akan menyebabkan nafsu makan entok turun. Kualitas pakan bisa dilihat dari kandungan nutrisi pakan, ukuran, jenis pakan, hingga bau pakan.

3) Kualitas DOD

Indukan entok memengaruhi kualitas keturunannya. Indukan entok berpenyakit, anakannya kemungkinan besar akan mengalami penyakit yang sama.

Itulah pentingnya memilih DOD entok yang berkualitas. Cara sederhana pilih bibit entok yang sehat diantaranya lincah bergerak, memiliki nafsu makan yang baik, organ tubuh yang normal, mata yang sehat, kaki yang kuat, dan badan yang gemuk.

Kategori :