Mengenal Jenis-jenis Kucai dan Manfaatnya, Recommended Buat Kamu yang Mulai Suka Tanaman Ini

Minggu 24-09-2023,06:37 WIB
Reporter : Hilman Muhammad
Editor : Akhmad Saefudin

Kucai bunga ini sering digunakan sebagai hiasan dalam hidangan. Sama seperti pada tanaman kucai biasa.

Manfaat yang bisa didapat dari Kucai jenis Bunga ini adalah memberikan sentuhan estetika pada hidangan, sama-sama kaya akan nutrisi seperti halnya pada tanaman kucai biasa dan memiliki rasa yang lembut juga renyah saat dijadikan campuran untuk masakan.

3. Kucai Jenis Tumpul

Tanaman kucai tumpul ini mempunyaii daun yang lebih lebar daripada tanaman kucai biasa, namun perbedaannya lebih tipis daripada kucai bunga. 

Daunnya juga biasa dan memiliki warna hijau terang dan tidak terlalu tajam. Kucai tumpul ini seringkali digunakan dalam hidangan Tionghoa.

Kemudian, manfaat kucai jenis Tumpul ini, cocok untuk orang yang tidak suka rasa pedas atau terlalu kuat dari kucai biasa sebagai bahan campuran di dalam masakan dan mengandung nutrisi penting sama seperti kucai lainnya.

4. Tanaman Kucai Korea

Tanaman Kucai Korea, juga dikenal sebagai Buchu di dalam bahasa Korea dan memiliki daun yang lebih kecil juga tipis jika dibandingkan dengan kucai biasa. 

Kucai jenis ini memiliki aroma yang lebih ringan dan rasa yang segar. Biasanya digunakan di dalam hidangan ala-ala Korean Food, seperti pancake kucai.

Lalu, manfaat Kucai Korea ini, dapat memberikan aroma segar pada hidangan, kaya akan vitamin A dan C dan dikenal memiliki sifat antibakteri.

5. Tanaman Kucai Jenis Rawa

Terakhir, mengenal jenis-jenis kucai dan manfaatnya, Tanaman Kucai Rawa mempunyai daun yang lebih lebar dan pipih daripada kucai biasa. 

Tanaman jenis ini cenderung tumbuh lebih tinggi dan sering ditemukan di daerah yang lebih lembap. Kucai Rawa memiliki rasa yang lebih tajam dan beraroma kuat sama seperti kucai biasa.

Manfaat Kucai Rawa yaitu mengandung nutrisi penting seperti vitamin C dan mineral dan umumnya digunakan dalam hidangan Tionghoa yang lebih khas.

Baca Juga: Mengenal Media Tanam Organik dan Jenisnya, Cocok untuk Tanaman Kucai dan Berbagai Tanaman Lainnya

5 Manfaat Kucai untuk Bumbu Masakan, Membuat Masakan Lebih Enak dengan Sentuhan Aromanya

Kategori :