6 Jenis Burung Lovebird Tercantik di Indonesia, Populer di Tahun 2023

Rabu 27-09-2023,11:21 WIB
Reporter : Nadia Damayanti
Editor : Ainul Atho

RADARPEKALONGAN - Selain dapat menemukan petarung yang hebat, kamu juga bisa menemukan jenis burung lovebird tercantik di Indonesia.

Selain di pelihara untuk mendengarkan suaranya yang merdu, Lovebird juga bisa dipelihara karena memiliki keindahan pada bulunya.

Jenis lovebird yang cantik dan unik ini tentunya selalu di cari para pecinta burung, terutama lovebird. semakin unik dan cantik, maka semakin banyak peminatnya.

Nah, bagi kalian yang penasaran apa saja jenis lovebird   tercantik di Indonesia, berikut ini informasinya untuk kalian semua.

BACA JUGA:Peluang Menang Meningkat, Ini 5 Jenis Lovebird yang Bisa Dilombakkan Kicauannya

BACA JUGA:Pemula Wajib Tahu! Ini 5 Jenis Burung Kenari Beserta Ciri-cirinya

1. Lovebird Madagaskar

Jenis lovebird tercantik di Indonesia yang pertama adalah Lovebird Madagaskar.

Burung loebird yang dikenal dengan ukuran yang sangat kecil ini tidak hanya pandai berkicau loh, namun ini juga memiliki bulu yang indah dan cantik.

Lovebird jenis ini memiliki warna yang khas, yakni hijau dan abu-abu. Tidak hanya itu saja, Lovebird yang memiliki bobos sekitar 30 gram ini juga merupakan lovebird yang masih langka untuk ditemukan.

Oleh karena itu, harga dari Lovebird Madagaskar ini tidak kaleng-kaleng. Harga dari Lovebird ini sekitar 1,5 juta hingga lebih dari 30 juta rupiah.

BACA JUGA:Jangan Mau Ditipu Pedagang Nakal! Ini Dia Jenis-jenis Burung Perkutut dan Harganya di Pasaran

BACA JUGA:Jenis-jenis Burung Perkutut dan Cirinya, Dari Lokal hingga Import!

2. Lovebird Albino

Jenis lovebird tercantik di Indonesia yang kedua adalah lovebird Albino. Lovebird jenis ini merupakan salah satu lovebird favorit di Indonesia.

Hal ini dikarenakan warnanya yang putih polos dan bersih dengan paruh berwarna oranye. Sehingga akan terlihat mencocol dengan warna bulunya yang seputih salju.

Lovebird Albino ini terbagi menjadi dua, yakni Lovebird Albino bermata hitam dan Lovebird Albino bermata merah.

Sama halnya dengan Lovebird Madagaskar, Lovebird Albino ini juga merupakan jenis lovebird yang dangat langkai di temukan di Indonesia. Oleh karena itu, ia dibanderol dengan harga   yang cukup mahal.

BACA JUGA:Auto jadi Sultan! Cara Budidaya Burung Nuri Bagi Pemula, Hobi Jadi Cuan

BACA JUGA:Kicau Mania Wajib Tahu! 7 Ciri Indukan Burung Nuri Unggulan dalam Budidaya

Untuk anakannya   saja, Lovebird Albino ini dibanderol dengan harga 500 ribu hingga 1 juta rupiah per ekor.

3. Lovebird Muka Salem

Selain Lovebird Madagaskan dan Albino, ada lagi nih jenis burung lovebird tercantik yang lainnya. Burung lovebird tersebut bernama Lovebird Muka Salem.

Ciri khas dari Lovebird Muka Salem ini adalah postur tubuhnya yang terlihat kecil dan mungil. Sehingga sangat lucu untuk dipelihara dan dijadikan burung hias.

Untuk warnanya sendiri, Lovebird Muka Salem ini memiliki bulu berwarna hijau, pantat dan punggung yang berwarna biru.

BACA JUGA:Kamu Berminat Memelihara Burung Beo? Berikut Hal-hal yang Harus Diperhatikan, Jangan Asal Pelihara

BACA JUGA:Gampang Banget! 9 Tips Melatih Burung Beo agar Cepat Berbicara

4. Lovebird Fishcer

Selanjutnya ada Lovebird Fishcer. Nama burung lovebird yang satu ini berasal dari seorang penjelajag Jerman di Afrika yang bernama Gustav Fishcer.

Untuk bulunya sendiri, Lovebird Muka Salem memiliki bulu dasar berwarna hijau cerah yang memikat mata dibagian dada, sayap, dan punggung.  Sedangkan untuk bagian atas kepala dari burung ini berwarna hijau zaitun.

Sementata untuk bagian paruhnya sebaiknya berwarna merah terang dengan merah cerah, yang terpenting adalah pada bagian paruhnya yang berwarna terang dengan merah cerah dengan ekor yang berwarna biru atau ungu.

5. Lovebird Lutino

Jika kalian ingin memiliki lovebird yang indah dengan kualitas numner one, maka jenis lovebird yang satu ini bisa dijadikan opsi peliharaan pilihan kalian. Burung lovebird ini bernama Lovebird Lutino.

BACA JUGA:5 Jenis Burung Lovebird Petarung Terbaik dengan Kicauan yang Merdu dan Warna Cantik

BACA JUGA:Yuk Kenalan dengan 5 Jenis Burung Lovebird, Harganya Fantastis!

Burung yang hasil mutari genetiknya berasal dari burung ras muka salem ini memiliki sifat yang aktif dan ceria. Sehingga ia akan mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya.

Sedangkan warna bulu pada burung ini adalah keseluruhan tubuhnya yang berwarna kuning, wajah yang berwarna oranye kemerahan.

Menariknya, Lovebird Lutino ini warna matanya yang bervariatif dengan beberapa warna yang tidak jauh dari warna merah dan hitam.

6. Lovebird Kerah Hitam

Jenis burung lovebird tercantik di Indonesia yang akan terakhir di bahas   adalah Lovebird Kerah Hitam.

Sebagian orang akan tertarik dengan burung yang memiliki banyak warna. Sehingga memiliki ciri khas tersendiri untuk dipelihara, tak terkecuali Lovebird Kerah Hitam.

BACA JUGA:Jangan Sampai Salah Pilih! Inilah 8 Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina

BACA JUGA:Kicau Mania Wajib Tahu! Inilah 9 Penyebab Lovebird Macet Bunyi Beserta Solusinya

Lovebird yang memiliki warna dasar hijau ini memiliki leher berwarna cokelat. Kemudian memiliki garis hitam atau disebut juga sebagai pita yang membentuk kerah pada bagian leher.

Lalu, pada bagian dada dari lovebird ini berwarna merah kecoklatan dengan paruh berwarna merah kecoklatan.

Keunikan lain yang dimiliki Lovebird Kerah Hitam ini ada pada iris matanya. Biasanya iris mata dari lovebird yakni hitam atau merah, namun Lovebird Kerah Hitam ini memiliki iris mata yang berwarna kuning cerah. (*)

Kategori :