Penggemar Lovebird Harus Baca! Ini 10 Jenis Burung Lovebird Hasil Persilangan yang Cantik dan Indah

Jumat 29-09-2023,04:15 WIB
Reporter : Nadia Damayanti
Editor : Ainul Atho

RADARPEKALONGAN - Ada banyak jenis burung lovebird hasil persilangan di Indonesia. Hal ini tak lain dan tak bukan karena banyaknya peternak yang mengkawin silangkan jenis lovebird satu dengan lovebird lainnya.

Namun tenang saja hasil dari kawin silang tersebut justru menghasilkan jenis lovebird yang cantik dengan suara kicau yang tak kalah merdu dari jenis lovebird asli.

Beberapa jenis lovebird yang sering di silangkan adalah Lovebird Muka Salem, Lovebird Tipeng, Lovebird Fischer.

Nah, adapun jenis burung lovebird hasil persilangan (mutasi) tersebut adalah sebagai berikut

BACA JUGA:Peluang Menang Meningkat, Ini 5 Jenis Lovebird yang Bisa Dilombakkan Kicauannya

BACA JUGA:Kicau Mania Wajib Tahu! Inilah 9 Penyebab Lovebird Macet Bunyi Beserta Solusinya

1. Lovebird Lutino

Jenis burung lovebird hasil persilangan yang pertama adalah Lovebird Lutino. Lovebird ini memiliki warna bulu yang didominasi warna kuning dan merah yang cantik.

Kemudian, kepala yang berwarna merah atau orange dan mata yang berwarna hitam atau merah. Lovebird lutino ini memiliki nilai jual yang tinggi dan menjadi salah satu lovebird mahal di Indonesia.

Hal ini dikarenakan selain memiliki warna yang cantik dan cerah, ia juga sering diikutkan lomba kicauan. Jadi, lovebird lutino ini menghasilkan kicauan yang tak kalah gacor dengan lovebird asli.

Untuk harganya sendiri, lovebird lutino ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp400.000 hingga lebih dari Rp1.700.000 per ekor.

BACA JUGA:6 Jenis Burung Lovebird Tercantik di Indonesia, Populer di Tahun 2023

BACA JUGA:5 Jenis Burung Lovebird Petarung Terbaik dengan Kicauan yang Merdu dan Warna Cantik

2. Lovebird Albino

Burung lovebird hasil persilangan lainnya yak tak kalah cantik adalah Lovebird Albino. Lovebird Albino ini bisa dikatakan memiliki keunikan tersendiri yang menjadi daya tarik bagi kicau mania.

Sebab, jika biasanya lovebird berwarna hijau, biru, ataupun kuning, lovebird albino ini justru memiliki warna bulu putih polos yang sangat menawan.

Selain itu, ia juga memiliki mata berwarna merah yang mana sangat kontras dengan warna tubuhnya. Nah,karena bentuknya yang seputih salju inilah banyak orang menyukainya dan berniat ingin memilikinya.

Namun sayangnya, lovebird jenis ini masih sangat langka di pasaran Indonesia. Untuk itu harganya cukup mahal, yakni berkisar mulai dari Rp500.000/ekor.

BACA JUGA:Catat Ya! Ini Ciri Fisik dari Burung Lovebird Lutino, Burung Lovebird Paling Cantik dan Mahal Tahun 2023

BACA JUGA:Perhatikan Ini! Ciri Fisik dan Karakteristik Lovebird Ijo Standar, Pemegang Juara 1 Burung Kicau

3. Lovebird Blorok

Jenis burung lovebird hasil persilangan yang berikutnya adalah lovebird blorok. Lovebird jenis ini juga memiliki keunikan yan tak dimiliki lovebird jenis lainnya.

Keunikan tersebut ada pada warna bulunya yang terlihat seperti gradasi warna-warna yang lain.

Sesusai dengan namanya blorok yang berrati campuran warna, terdapat gradasi dan corak antara warna kuning, biru, dan ungu pada bulu yang ada di tubuh burung tersebut.

4. Lovebird Batman

Sesuai dengan namanya “lovebird batman”, lovebird jenis ini memiliki bulu berwarna hitam di sekujur tubuh bagian belakangnya yang menyerupai kelelawar dan warna putih di bagian depannya.

BACA JUGA:Pecinta Lovebird Wajib Tahu! 5 Perbedaan dari Burung Lovebird Lutino dan Pastel Kuning

BACA JUGA:Awas Jangan Sampai Tertipu! 5 Ciri Fisik Murai Batu Medan, Burung Kicau Termahal di Indonesia

Karena keunikan warna bulunya inilah yang membuat lovebird batman menjadi salah satu burung yang disukai para kicau mania.

Untuk harganya sendri, lovebird batman ini akan dibanderol dengan haga Rp500.000 hingga Rp1.000.000 ke atas per ekornya.

5. Lovebird Merah

Jenis lovebird hasil persilangan yan tak kalah menariknya adalah lovebird merah. Sesuai namanya, lovebird jenis ini memiliki warna bulu yang didominasi denga warna merah pada tubuhnya.

Warna merah di bulu burung ini diselingi dengan warna orange, kuning, dan putih. Sehingga akan nampai sangat indah dan gagah.

BACA JUGA:Yuk Kenali 4 Macam dan Jenis Burung Murai Batu, Salah Satu Spesies Burung Mahal di Indonesia

BACA JUGA:Tidak Hanya Populer di Indonesia! Inilah 3 Jenis Burung Murai Batu Impor yang Memiliki Bulu Berwarna Indah

Karena keunikan yang dimilikinya inilah membuat lovebird merah ini menjadi incaran para pecinta lovebird.

Dengan keunikannya inilah juga membuat lovebird merah dibanderol dengan harga yang cukup mahal, yakni sekitar Rp1.000.000 per ekor dan jika warnanya polos, mungkin bisa lebih mahal lagi.

6. Lovebird Euwing

Jenis burung lovebird hasil persilangan yang terakhir adalah Lovebird Euwing. Sesuai namanya “Euwing”, lovebird ini memiliki keunikan yang ada pada sayapnya.

Sayap dari lovebird jenis ini yakni berwarna hitam dan kuning atau putih yang sangat indah. Untuk harganya sendiri, Lovebird Euwing ini dibanderol dengan harga Rp500.000 hingga mencapai Rp2.000.000 per ekor.

BACA JUGA:Pemula Wajib Tahu! Ini 5 Jenis Burung Kenari Beserta Ciri-cirinya

BACA JUGA:Kicau Mania Wajib Tahu! 7 Ciri Indukan Burung Nuri Unggulan dalam Budidaya

Itulah jenis burung lovebird hasil persilangan pada dunia lovebird. Namun selain jenis lovebird di atas, masih banyak lagi burung lovebird hasil pesilangan (mutasi), seperti Lovebird Biola, Lovebird Dakocan, Lovebird Parblue, Lovebird Violet, dan lovebird hasil persilangan lainnya yang tak kalah cantik. (*)

Kategori :