4 Cara Anggrek Hitam Tumbuh di Hutan Lebat, Tanaman Adaptif yang Populasinya Terus Menurun

Jumat 29-09-2023,19:52 WIB
Reporter : Hilman Muhammad
Editor : Akhmad Saefudin

Hutan lebat, pastinya mempunyai pencahayaan yang terbatas untuk mencapai dasar hutan. 

Cara anggrek hitam bertahan hidup dengan situasi pencahayaan terbatas, maka anggrek hitam mampu bertahan hidup dengan cara unik di dalam menangani situasi seperti ini.

Pola Pertumbuhan. Anggrek hitam tumbuh secara merumpun, dalam artian mampu menghasilkan banyak tunas dari satu tanaman.

Inilah cara anggrek mampu tumbuh dengan menjangkau cahaya yang lebih banyak dan daun yang tahan terhadap keterbatasan cahaya.

Daun anggrek hitam biasanya tebal dan berdaging. Maka faktor ini yang mampu membantu anggrek hitam menahan kelembaban serta dapat menggunakan cahaya yang terbatas.

Klorofil yang Efisien. Anggrek hitam mempunyai tingkat klorofil yang cukup tinggi, sehingga anggrek hitam dapat melakukan fotosintesis dengan cahaya yang sangat terbatas.

3. Hubungan Antar Jamur Mikroskopis

Jika kamu sudah tahu, anggrek hitam mampu tumbuh di pencahayaan terbatas, maka cara anggrek hitam tumbuh di hutan lebat berikutnya dengan dibantu oleh jamur mikroskopis ini.

Anggrek hitam, ternyata mempunyai hubungan simbiotik dengan jamur mikroskopis di akarnya. Jamur ini mampu membantu menyerap nutrisi dari lingkungan yang sedikit nutrisi, seperti permukaan pohon tempat anggrek hitam hidup. 

Didalam pertukarannya, anggrek hitam memberikan karbohidrat hasil fotosintesis kepada jamur ini. Lalu hubungan ini memungkinkan kedua organisme untuk saling mendukung di dalam tumbuh di lingkungan yang keras seperti hutan lebat.

4. Reproduksi Anggrek Hitam

Selain kamu mengetahui bahwa anggrek hitam memiliki hubungan demi kelangsungan hidupnya, cara anggrek hitam tumbuh di hutan lebat yang terakhir yakni anggrek hitam juga memiliki cara unik di dalam reproduksi. 

Caranya, anggrek hitam menarik serangga penyerbuk dengan bunganya yang mengeluarkan bau cokelat. 

Sehingga serangga penyerbuk dapat masuk ke bunga untuk mencari makanan dan tanpa disadari membantu anggrek hitam melakukan proses penyerbukan silang. 

Inilah cara anggrek hitam bereproduksi agar memunculkan bibit baru untuk keberlangsungan perkembangan tanaman baru.

Anggrek hitam adalah tanaman yang mudah beradaptasi dengan sukses walaupun di dalam lingkungan yang keras seperti hutan lebat.

Kategori :