Sejarah dan Ragam Motif Batik Kudus, Kabarnya Sudah Ada sejak Awal Masuknya Islam di Pulau Jawa

Sabtu 30-09-2023,17:13 WIB
Reporter : Nasim
Editor : Wahyu Hidayat

RADARPEKALONGAN – Ada banyak sekali macam-macam batik di Indonesia yang terkenal salah satunya Batik Kudus. Ada beberapa ciri khas yang membedakan batik ini dengan batik-batik lainnya. Seperti corak motifnya, dominasi warna, hingga cerita awal mula tercipta coraknya.

Sebelum dikenal meluas seperti sekarang, batik ini telah melalui perjalanan panjang. Beberapa sumber menyebutkan, Batik Kudus mulai muncul sejak awal masuknya ajaran agama Islam di pulau Jawa.

BACA JUGA:Ingin Tampil Feminin? Inilah 5 Rekomendasi Model Dress Batik Modern yang Sedang Viral, Para Wanita Wajib Tahu

Motif-Motif Batik Kudus

Jejak sejarah Batik Kudus yang ternyata multikultural tersebut kemudian menghasilkan beberapa motif yang bisa kamu saksikan sekarang. Beberapa diantaranya adalah :

1. Motif Tembakau Cengkeh

Motif tembakau adalah salah satu representasi Batik Kudus, berkat gambaran motif ini juga Batik Kudus berhasil memiliki ciri khas yang begitu melekat di benak para peminatnya.

Ragam hiasnya pun juga variatif dengan tambahan beberapa motif fauna cantik. Terlebih warnanya yang atraktif seperti paduan antara merah, oranye, hijau cocok sekali untuk busana batik sehari-hari.

2. Motif Kapal Kandas

Motif Kapal Kandas termasuk salah satu yang mencirikan kesenian batik kota ini. Seperti namanya, motif ini memberikan gambaran kapal pada seluruh permukaan kainnya.

Batik ini menjadi sangat cocok bagi anda yang senang dengan gaya semi klasik.  Ada banyak juga ragam hias pemanis seperti kembang atau pun dedaunan yang semakin menambah nuansa batik.

3. Motif Ukir Gebyok

Motif Ukir Gebyok ini memiliki guratan sangat rumit seperti sekat kayu Gebyok asli. Lukisan yang kompleks ini pula yang juga menjadikan batik hanya tampil dalam dua warna.

Dengan begitu kain ini memang sengaja didesain untuk menunjukkan nilai seni yang sangat tinggi dan penuh makna ketelatenan. Sehingga dalam warna yang sederhanapun, kesan batik pun menjadi lebih dalam dan tentunya tak tampak murah.

BACA JUGA:Batik Gajah Oling: Motif Batik Asli Banyuwangi yang Mendunia, Bentuk Menyerupai Belalai Gajah

Kategori :