Pecinta Owl Sudah Tahu Belum? 6 Jenis Burung Hantu di Indonesia yang Memiliki Keunikan Masing-Masing

Selasa 03-10-2023,21:47 WIB
Reporter : Nadia Damayanti
Editor : Ainul Atho

RADARPEKALONGAN - Dikenal sebagai negara yang kaya akan satwanya, Indonesia juga memiliki banyak jenis burung hantu. Tak hanya memiliki penampilan unik, jenis burung hantu di Indonesia ini juga memiliki ciri khas yang berbeda-beda.

Penasaran bukan apa saja jenis burung hantu yang ada di Indonesia tersebut? Berikut ini beberapa jenis burung hantu di Indonesia yang dapat kalian ketahui

1. Serak Jawa

Jenis burung hantu di Indonesia yang pertama dalah Serak Jawa atau juga dikenal dengan nama Barn Owl. Serak jawa ini merupakan jenis burung hantu yang memiliki ukuran yang sedang dan sayap yang panjang bulat.

Bulu dai burung ini berwarna abu-abu dan kuning kecoklatan yang pucat dengan mata berwarna hitam pekat. Ia memiliki kaki yang berukuran panjag kokoh dengan bentuk kepala yang bulat lucu tanpa adanya jumbaian telinga.

BACA JUGA:Pecinta Lovebird Wajib Tahu! Inilah 7 Jenis Lovebird Parblue yang Memiliki Penampilan Indah Mempesona

BACA JUGA:Pecinta Lovebird Wajib Tahu! Inilah 5 Jenis Burung Lovebird Tercantik di Indonesia Tahun 2023

Biasanya kalian bisa menemukan Serak Jawa ini di perkebunan, lumbung yang sudah terbengkalai, pepohonan lebat, dan di rongga pohon atau bangunan yang sudah tidak berpenghuni.

Serak Jawa ini juga merupakan penerbang dengan kemampuan penglihatannya yang tajam dan hebat. Sebab, ia bisa terbang rendah dengan gaya melayang-layang yang khas untuk mencari mangsanya

2. Celepuk Merah

Imut  dan lucu, mungkin bisa disematkan oleh burung hantu celepuk merah ini. Sebab, burung hantu yang bisa ditemukan di Jawa, Sumatera, dan Kalimantan ini memiliki postur tubuh yang mini.

Seperti namanya, Celepuk Merah ini memiliki bulu yang didominasi dengan warna kemerahan. Pada bagian atas berwarna coklat kemerahan dan memiliki corak strip hitam dan putih pada bulunya.

BACA JUGA:Jangan Sampai Salah Pilih! Inilah 8 Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina

BACA JUGA:Perhatikan Ini! Ciri Fisik dan Karakteristik Lovebird Ijo Standar, Pemegang Juara 1 Burung Kicau

3. Celepuk Gunung

Jenis burung hantu Celepuk Gunung yang ada di Indonesia ini juga memiliki nama lain Mountains Scops Owl. Burung hantu jenis ini memiliki keunikan yang terletak pada suaranya yang mirip dengan radar.

Maksudnya, ia bisa mengeluarkan suara yang membentuk nada tinggi dan pendek. Burung yang habitatnya bertempat tinggal di ceruk pohon dan bekas sarang burung pelatuh ini memakan ngengat, kumbang, cicak, tikus, hingga burung-burung kecil di sekitarnya.

4. Serak Bukit

Jenis burung di Indonesia yang selanjutnya adalah Serak Bukit. Sebagian masyarakat Indonesia memanggil Serak Bukit dengan nama wowo-wiwi ini memiliki ciri fisik yang khas, yakni bentuk wajahnya yang berbentuk mirip dengan ular sendok.

Sementara untuk warna bulunya sendiri, pada bagian tubuh atasnya berwarna coklat sedikit kemerahan dengan corak bintik hitam dan putih. Sedangkan pada bagian bawarhnya berwarna kuning kemerah-jambuan dengan bintik hitam.

BACA JUGA:8 Cara Merawat Burung Murai Agar Gacor, Awas Jangan Sampai Salah Perawatan

BACA JUGA:Wajib Dieketahui! Begini 4 Ciri-Ciri Burung Murai Kurang Jemur dan Tidak Sehat Serta Cara Mengatasinya

Burung hantu jenis ini biasanya suka memangsa hewan-hewan kecil seperti katak, ular, kadal, tikus, dan serangga.

5. Beluk Jampuk

Burung hantu asal Indonesia yang tak kalah unik dan menarik yang selanjutnya adalah Beluk Jempuk atau yang juga dikenal dengan nama Hingkik.

Beluk Jampuk ini memiliki postur tubuh yang lumayan besar yakni mencapai 45 cm. Sedangkan keunikan dari Beluk Jempuk ini ada pada bulunya yang berwarna abu-abu dengan corak telinga horizontal yang sangat mencolok.

Dalam habitatnya burung hantu beluk jampuk ini memangsa serangga ukuran besar, ikan kecilm reptil, burung-burung dan mamalia kecil.

BACA JUGA:5 Tips Memilih Sangkar Burung Kenari yang Tepat, Pastikan Jangan Salah Pilih Agar Burung Nyaman

BACA JUGA:Mengenal 4 Jenis Burung Murai di Indonesia, Burung Kicau Populer dan Menjadi Primadona Para Kicau Mania

6. Beluk Watu Jawa

Burunghantu beluk watu jawa ini adalah salah satu jenis burun hantu asli endemik Indonesia. Beluk Watu Jaya ini memiliki postur tubuh yang lumayan kecil dengan panjang mencapat 24 cm.

Pada umumnya, Beluk Watu Jawa ini memiliki bulu yang didominasi dengan warna merah bata dengan warna mata yang kecoklatan kekuning-kuningan. Sedangkan untuk bentuk paruh dari burung hantu ini sangat runcing dan berwarna hijau. (*)

Kategori :