Catat! 8 Obat Demam Berdarah yang Telah Teruji Aman oleh BPOM

Selasa 10-10-2023,00:31 WIB
Reporter : Nadia Damayanti
Editor : Ainul Atho

RADARPEKALONGAN.ID - Sejatinya tidak ada obat demam berdarah yang menyembuhkan secpenuhnya. Namun, ada beberapa jenis obat yang membantu meringankan gejala dan mempercepat penyembuhannya.

Gejala seseorang yang terkena DBD pada umumnya mengalami demam tinggi, muncul bintik merah, mual, muntah, nyeri otot dan sendi yang parah.

Lantas apa saja ya obat demam berdarah tersebut? Berikut ini obat demam berdarah yang dimaksud.

1. Paracetamol

Obat demam berdarah yang dapat meredakan gejala DBD yang pertama adalah Paracetamol. Paracetamol atau yang juga dikenal dengan nama Acetaminophen ini merupakan obat yang tersedia dalam bentuk tablet dan cair.

BACA JUGA:Cegah Nyeri Setelah Makan, Ini Vitamin Lambung dan Usus yang Baik untuk Sistem Pencernaan

BACA JUGA:Sering Merasa Capek? Ini Dia Rekomendasi 5 Merk Vitamin untuk Badan Pegal dan Sering Capek

Paracetamol ini bekerja dengan cara menghambat pembentukan zat prostaglandin yang dapat memicu demam dan rasa nyeri yang berlebih.

2. Trolit

Pasien demam berdarah membutuhkan banyak asupan cair, karena pada kondisi tersebut tubuh terasa panas dan mudah dehidrasi. Jadi, selain melalui infus, minum air putih yang banyak, makan buah dan sayur segar yang mengandung banyak air, pasien DBD juga  membutuhkan cairan isotonik.

Nah, untuk mendapatkan cairan isotonik tersebut, pasien DBD dapat mengonsumsi Trolit. Trolit ini merupakan sebuah obat   demam berdarah yang dikenal mampu mempercepat proses penyembuhan DBD.

Obat demam berdarah ini bekerja membantu mengembalikan cairan tubuh yang hilang atau dengan kata lain dapat mengatasi dehidrasi pada pasien DBD.

BACA JUGA:Masih Muda Tapi Gampang Capek dan Pegal? Jangan-Jangan Kamu Kekurangan 7 Vitamin Ini

BACA JUGA:Inilah Produk Vitamin untuk Flu dan Demam 2023 Lengkap Dengan Harganya

Hal ini dikarenakan, untuk setiap satu sacher Trolit mengandung bahan-bahan yang dapat mengembalikan cairan tubuh. Mulai dari angkak, NaCl, KCl, hingga berbagai Vitamin seperti B1, B2, B6, dan B12.

3. Renalyte

Selain Trolit, Renalyte juga merupakan jenis obat yang dapat membantu mencegah atau mengobati dehidrasi pada anak yan terjangkit penyakit DBD.

Renalyte ini mengandung bahan-bahan natrium, glucose, dan kalium yang mana merupakan penambah cairna tubuh yang diakibatkan oleh muntah-muntah.

4. Kalnex

Demam berdarah dapat memicu komplikasi berupa kebocoran plasma. Kondisi tersebut tentunya dapat menyebabkan terjadinya perdarahan di dalam tubuh. Oleh karena itu, biasanya ada sebagian pasien DBD yang rentan mengalami misisan dan gusi berdarah.

Nah, untuk mengatasi permasalahan tersebut, pasien DBD bisa mengonsumsi obat demam berdarah Kalnex. Sebab, Kalnex merupakan sebuah obat yang mengandung bahan aktif asam traneksamat. Kandungan inilah yang mampu bekerja dengan menghambat bekuan darah, sehingga pendarahan pun bisa segera berhenti.

BACA JUGA:Vitamin Asam Lambung, Apakah Blackmores Termasuk Salah Satunya? Yuk Simak Penjelasannya

BACA JUGA:Badan Sering Capek, Ini Dia 8 Jenis Mineral dan Vitamin untuk Badan Pegal yang Bisa Kamu Coba

5. Domperidone

Obat pencegah atau membantu proses penyembuhan demam berdarah yang berikutnya adalah Domperidone. Obat ini biasanya digunakan untuk meredakan mual, muntah, dan GERD atau penyakit lambung.

Domperidone sendiri merupakan salah satu obat pendukung pada pasien demam berdarah yang mengalami masalah pencernaan.

Domperidone ini bekerja dengan mempercepat proses pencernaan makanan. Sehingga makanan akan lebih mudah dan cepat menuju usus dan rasa mual yang ada di dalam perut perlahan mulai menghilang.

6. Obdansetron

Sama halnya dengan Domperideone, Obdansetron ini juga merupakan salah satu obat pendukung pasien DBD yang mengalami masalah pencernaan, seperti mual dan muntah.

Obdansetron ini bekerja dengan cara menghambat serotonin yang mana merupakan zat alami dalam tubuh yang menjadi salah satu penyebab pemicu mual dan muntah.

BACA JUGA:Cocok untuk Pekerja Kantoran, Inilah Vitamin untuk Mengatasi Badan Pegal Linu

BACA JUGA:Berikut 10 Multivitamin yang Aman untuk Lambung dan Sehat untuk Tubuh

7. Motilium

Selain Domperidone, ada satu obat lagi yang dapat membantu pasien DBD yang mengalami masalah pencernaan. Obat tersebut bernama Motilium. Motilium ini merupakan obat pendukung yang dapat membantu meredkaan mual, muntah, GERD, dan masalah pencernaan lainnya.

Sama dengan Domperidone, Motilium ini juga bekerja dengan mempercepat proses pencernaan makanan, sehingga rasa mual dalam perut bisa cepat berhenti.

8. Fufang Ejiao Jiang

Obat demam berdarah yang terakhir adalah Fufang Ejiau Jiang. Obat ini merupakan salah satu obat cina yang mana terbuat dari bahan-bahan herbal yang biasanya digunakan untuk mempercepat proses pemulihan pasien DBD.

Cara kerja dari Fung Ejiao Jiang ini sendiri adalah meningkatkan kadar trombosit dalam tubuh. Hal ini dikarenakan, obat ini memiliki kandungan yang mana dapat berperan sebagai penambah darah. (*)

Kategori :