Agung-Miftahudin Pimpin PDPM Kabupaten Pekalongan Periode Muktamar XVIII

Rabu 18-10-2023,22:14 WIB
Reporter : Hadi Waluyo
Editor : Hadi Waluyo

KAJEN,RADARPEKALONGAN - Agung Dwi Hanggoro terpilih menjadi Ketua Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Kabupaten Pekalongan periode Muktamar XVIII. Untuk sekretaris terpilih adalah Miftahudin.

"Alhamdulillah, setelah bermusyawarah dalam sidang formatur, kami bersepakat Ketua PDPM saudara Agung Dwi Hanggoro, dan sekretaris PDPM Miftahudin," terang Miftahudin, Ketua Formatur PDPM Kabupaten Pekalongan Periode Muktamar XVIII.

Pernyataan tersebut disampaikan setelah tim formatur bersidang hampir tiga jam. Yakni setelah terpilihnya 9 orang formatur dalam Musyawarah Daerah (Musyda) Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Pekalongan melalui e-votting, yakni pukul 16.00 sampai 19.00 WIB.

Musyda XVIII sendiri digelar di SMK Muhammadiyah Bligo pada hari Minggu, 15 Oktober 2023. Salah satu agendanya adalah pemilihan anggota formatur PDPM, yang nanti bertugas untuk menyusun struktur kepemimpinan PDPM Kabupaten Pekalongan Periode Muktamar XVIII. 

Baca juga:Pemuda Muhammadiyah Miliki Tradisi Intelektual yang Mengakar, Ganjar : Bisa Jadi Kontrol Sosial

Dari 31 calon tetap yang dipilih oleh 222 peserta Musyda tersebut, didapatkan hasil 9 nama anggota formatur, yaitu Miftahudin, Agung Dwi H, Afdhol Abadi, Abdul Mubarok, Syifa Maruf, Fauzan Amin, Sofa Maulana, Yuli Prabowo, dan Asfal Fuad. 

Dari 9 orang tersebut, terdapat 8 orang merupakan anggota PDPM periode XVII dan 1 orang dari PCPM Kedungwuni. Tapi dari segi umur formatur terpilih, rata-rata berada di usia 33 tahun, dengan usia tertua adalah 39 tahun dan termuda adalah 25 tahun. 

Dalam rangkaian kegiatan Musyda tersebut, formatur terpilih setidaknya telah menetapkan Ketua dan Sekretaris PDPM periode XVIII. Kemudian untuk melengkapi struktur PDPM periode XVIII dalam waktu 1 bulan dari pelaksanaan Musyda.

"Hasil formatur ini menunjukkan betapa kematangan berorganisasi dan kedewasaan sikap anggota formatur, yang suara terbanyak atau yang tersenior pun tidak harus jadi ketua," ungkap Ady Widiyanto, selaku Wakil Ketua PDPM Kabupaten Pekalongan periode XVII. 

Baca lagi:Rapimda IV PDPM Kabupaten Pekalongan Resmi Dibuka, Ini 2 Pesan PDM

"Semoga PDPM yang baru lebih baik, lebih mampu menggerakkan dan menggembirakan dakwah pemuda Muhammadiyah, serta memajukan Kabupaten Pekalongan," harap Ady.

Agung dan Miftahudin merupakan kader yang telah berpengalaman memimpin di organisasi otonom (ortom), yakni mereka berdua pernah menjadi ketua Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah. Agung menjadi Ketua PC IMM Kabupaten Pekalongan pada tahun 2010-2013, sedang Miftahudin menjadi Ketua PC IMM Kabupaten Pekalongan pada tahun 2017-2018, bahkan Miftahudin melanjutkan menjadi anggota DPD IMM Jawa Tengah dari 2018-2022.

"Semoga kepengurusan PDPM kedepan tetap solid menjalankan amanah yang sudah diberikan dalam menjalankan program-program yang sudah disepakati dan diputuskan di musyda PDPM Kabupaten Pekalongan Periode Muktamar 18," harap Agung.

Musyda dihadiri oleh sekitar 200-an perwakilan pimpinan cabang dan ranting Pemuda Muhammadiyah se-Kabupaten Pekalongan. Musyda kali ini kian semarak dengan hadirnya kader-kader Muhammadiyah yang saat ini berdiaspora di ranah politik, seperti Sofwan Sumadi, Candra Saputra, Ahmad Muzaki, dan Heru Gunawan.

Kategori :