Kenali 7 Cara agar Mata Tetap Sehat, Benarkah Konsumsi Vitamin A Efektif?

Minggu 29-10-2023,16:45 WIB
Reporter : Saiful Ibad
Editor : Akhmad Saefudin

RADARPEKALONGANDISWAY.ID - Cara agar mata tetap sehat bisa dilakukan dengan berbagai cara. Sebelum kesehatan matamu terganggu, ada baiknya lakukan langkah pencegahan. 

Organ tubuh manusia yang termasuk sangat vital ini perlu dijaga. Terutama dari kemungkinan risiko gangguan kelainan mata rabun. 

Mata rabun baik itu plus maupun minus, bisa saja terjadi karena aktivitas pekerjaan yang tak bisa lepas dari teknologi. Misalnya saja dalam mengerjakan tugas kuliah, ngegame, dan bekerja dari laptop.

BACA JUGA:Cegah Mata Minus Secara Alami Lewat 9 Daftar Makanan Sehat Kaya Multivitamin

BACA JUGA:Cegah Mata Buram, Yuk Jangan Lupa Konsumsi 8 Jenis Makanan ini

Lantas bagaimana cara agar ata tetap sehat dan dapat melihat dengan normal? Yuk bahas lebih lanjut biar tambah paham!

1. Periksa Mata Secara Rutin

Salah satu cara agar mata tetap dalam kondisi normal adalah memeriksakannya. Tak perlu setiap bulan, cukup satu tahun sekali saja. 

Sebab pemeriksaan kesehatan mata bisa mendeteksi tingkat kenormalannya. Bila ada gangguan mata maka akan terdeteksiu sejak dini agar tak mudah membeli. 

Hal ini sangat menguntungkan bila kondisi mata tidak baik-baik saja. Misalnya terkena risiko penyakit diabetes yang bisa membutakan mata. 

2. Istirahatkan Mata dari Layar

Kemdian agar mata tetap sehat bisa dilakukan istirahat selama 15 menit selama bermain hape 2 jam. Hal ini akan membantu mata agar kembali normal. 

Menatap layar hape dan laptop bisa memicu mata kering. Nah, gunanya mengalihkan mata dari layar laptop dan gawai agar mata kembali lembab. 

Bila mata tetap dipaksa agar tetap bekerja, maka yang terjadi adalah kelelahan. Gejala yang dapat dirasakan adalah pundak pegal, sakit kepala, leher kaku dan pandangan kabur. 

3. Pakai Kacamata Anti Radiasi

Kategori :