Kenali 7 Cara agar Mata Tetap Sehat, Benarkah Konsumsi Vitamin A Efektif?

Minggu 29-10-2023,16:45 WIB
Reporter : Saiful Ibad
Editor : Akhmad Saefudin

Salah satu cara agar mata tetap sehat adalah dengan menggunakan kacamata anti radiasi. Kacamata jenis ini akan membantu si pengguna dari risiko paparan lampu. 

Paparan cahaya ini mengandung sinar biru. Bila sinar biru ini terlalu lama mengenai mata akan menimbulkan gangguan penglihatan. 

Kacamata anti radiasi bisa melindungi mata dari bahaya sinar biru. Buat kamu yang belum terganggu penglihatannya bisa langsung beli saja. 

4. Gunakan Kacamata Anti UV

Kamu bisa gunakan kacamata anti UV. Jenis kacamata ini dapat melindungi mata dari sinar UV yang berlebihan.

Sehingga bila sinar UV matahari yang mengenai mata di siang hari akan menyehatkan mata. Kacamata ini akan memberikan kesan yang adem. 

5. Konsumsi Makanan Tinggi Nutrisi dan Vitamin

Selanjutnya cara agar mata tetap sehat adalah dengan mengonsumsi makanan yang tinggi vitamin dan nutrisi. 

Diantaranya yang mengandung vitamin A, C dan E. Serta kandungan senyawa berupa beta karoten, lutein, selenium dan asam lemak omega 3. 

Semua kandungan nutrisi dan vitamin itu terkandung di dalam makana seperti jeruk kacang-kacangan, wortel, sayuran hijau, telur, ikan tuna dan salmon tuna. 

Konsumsi vitamin A cukup efektif dalam meningkatkan kesehatan mata dan mencegah gangguan penglihatan seperti rabun dekat maupun jauh.

6. Penggunaan Cahaya Secukupnya

Cara agar mata tetap sehat salah satunya gunakan layar laptop yang memiliki cahaya cukup. Cahaya yang cukup ini bisa mencegah mata dari kerusakan. 

Intinya jangan terlalu redup, juga jangan terlalu terang. Cahaya yang cenderung redup bisa memicu kerja mata lebih keras. 

Sementara kalau terlalu terang bisa menganggu penglihatan mata akibat radiasinya. 

7. Pakai Lensa Mata Berkualitas

Kategori :