Dahsyat! Inilah Fadhilah Puasa Daud dalam Islam, Puasa yang Bisa Menurunkan Berat Badan

Selasa 31-10-2023,01:30 WIB
Reporter : Fani Umrotul
Editor : Ainul Atho

" Rasulullah SAW bersabda yang artinya “Puasa yang paling disukai di sisi Allah adalah puasa Daud, dan shalat yang paling disukai Allah adalah shalat Nabi Daud. Beliau biasa tidur di tengah malam dan bangun pada sepertiga malam terakhir dan beliau tidur lagi pada seperenam malam terakhir. Sedangkan beliau biasa berpuasa sehari dan berbuka sehari berikutnya”

2. Merupakan Puasa Sunnah yang Paling Utama

Fadhilah puasa Daud dalam islam yang kedua yakni merupakan puasa sunnah yang paling utama. Hal ini didasarkan pada hadist yang diriwayatkan oleh Tirmidzi. Hadist tersebut memiliki terjemahan sebagai berikut:

Yang mengandung arti : " Rasullah bersabda : sebaik-Sebaik-baik puasa adalah puasa Daud. Dia berpuasa sehari dan berbuka sehari. Tidak lari ketika bertemu musuh." Abu 'Isa berkata; "Ini adalah hadits hasan shahih. Abu Al-Abbas ialah penyair Makkah yang buta, namanya As Sa'ib bin Farrukh." Sebagian ulama mengatakan: "Sebaik-baik puasa adalah kamu berpuasa sehari dan berbuka sehari. Ada yang berpendapat bahwa itu adalah puasa yang paling berat." (HR. Tirmidzi)

Itulah fadhilah puasa Daud dalam islam yang harus sama-sama diketahui. Meskipun demikian, puasa Daud juga merupakan salah satu puasa yang sulit untuk dilakuakn sebab sehari puasa sehari tidak menyebabkan naik turunya kondisi tubuh.

 

Kategori :