Begini 6 Cara Mengatasi Mata Kabur untuk Orang Tua Secara Alami

Kamis 02-11-2023,20:45 WIB
Reporter : Saiful Ibad
Editor : Akhmad Saefudin

RADARPEKALONGANDISWAY.ID - Gangguan mata kabur memang tak bisa disepelekan. Untuk itu kamu perlu tahu cara mengatasi mata kabur agar tak menganggu aktifitas sehari-hari.

Ada beragam cara yang dapat dilakukan agar mata yang kabur kembali jernih lagi. Bisa melihat obyek dari jarak yang terjauh. 

Kebiasaan menatap layar elektronik memiliki potensi yang sangat besar terhadap risiko gangguan penglihatan. Mula-mula gejalanya tak bisa melihat obyek dalam jarak 6 sampai 10 meter. 

BACA JUGA:Bisa untuk Dewasa dan Anak, Ini Dia Suplemen Vitamin Mata yang Efektif Jaga Kesehatan Mata

BACA JUGA:Efektif Menjaga Kesehatan Mata Lewat 11 Suplemen Multivitamin Terbaik, Yuk Simak Penjelasannya!

Penurunan fungsi kornea mata ini sering terjadi dan sangat menganggu aktifitas sehari-hari. Perlu dilakukan beberapa hal agar mata bisa berfungsi secara normal. 

Apa saja yang harus dilakukan? Inilah beberapa cara mengatasi mata kabur yang ampuh membuat penglihatan jernih sebagai berikut. 

1. Cukup Kedipkan Mata

Keluhan mata kabur bisa saja terjadi karena kondisi mata kekurangan air. Maka yang perlu lakukan adalah sering mengedipkan kelopak mata 

Tujuannya agar mata yang kering tersebut bisa kembali lembap lagi. Lakukan sampai mata kabur bisa berfungsi secara normal lagi. 

2. Istirahatkan Mata yang Lelah

Salah satu yang bisa dilakukan selanjutnya ketika mata yerasa buram adalah istirahatkan mata. Terutama setelah lama menatap layar elektronik entah hape maupun laptop. 

Misalnya menonton televisi dalam jangka waktu yang lama bisa menyebabkan mata kabur. Oleh karena itu istirahatkan mata sejenak agar mata kembali normal. 

Buat orang tua bisa praktikkan istirahat 20-20-20 agar mata tak buram. Bisa diterapkan ketika membaca buku, menonton televisi dan menulis di laptop. 

Caranya mengistirahatkan mata setiap 20 menit membaca buku, menonton televisi, mengedit video dan sebagainya. Cukup mengarahkan mata sejauh 6 meter. 

Kategori :