Terbukti! 2 Amalan Melunasi Hutang Sehari dalam Islam, Kumpulan Doa yang Dapat Kamu Baca

Senin 13-11-2023,20:15 WIB
Reporter : Hilman Muhammad
Editor : Dony Widyo

Meski ibadah salat malam bersifat shunnah, doa paling mustajab dan cepat dikabulkan oleh Allah ya dengan mendirikan salat malam.

Doa kalian akan terdengar langsung oleh Allah SWT. pada saat orang lain sedang tertidur lelap. Gunakan waktu tersebut untuk memohon ampunan dan memohon supaya dimudahkan dalam melunasi hutang.

Rasulullah SAW. bersabda, “Barangsiapa yang mati dalam keadaan masih mempunyai hutang satu dinar maupun satu dirham, maka uang tersebut akan dilunasi dengan kebaikannya (di hari kiamat) karena di sana (akhirat) tidak ada lagi dinar dan dirham.”

Penjelasan dari sabda Rasulullah ini berkaitan dengan anjuran untuk tidak melalaikan hutang sekecilpun. Semestinya segera dibayarkan bilamana terdapat sedikit rezeki.

Baca juga: Hidup Tanpa Hutang? Begini Doa Agar Kamu Cepat Melunasi Hutang, Rezeki Pasti Ada Menurut Ustadz Adi Hidayat

2. Doa Rasulullah

Amalan melunasi hutang sehari dalam Islam yaitu amalan membaca doa yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Doa ini dibaca dan diamalkan untuk menghindari hutang

Allaahumma innii a'uudzu bika minal hammi wal hazan, wa a'uudzu bika minal 'ajzi wal kasal, wa a'uudzu bika minal jubni wal bukhl, wa a'uudzu bika min qahrir rijaal.

Artinya: "Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kesumpekan dan kesedihan, dari kelemahan dan kemalasan, dari ketakutan dan kekikiran, dari lilitan utang dan kezaliman orang-orang."

Doa Mohon Melunasi Hutang,

Allahumma ya farijal ham kasyifal gham mujiba da'watal mudhthorriin rahmanad dunya wal akhirah warahimahuma anta tarhamuni farhamni rahmatan tughnini biha rahmati man siwak.

“Ya Allah, cukupilah aku dengan rezeki-Mu yang halal (hingga aku selamat) dari yang haram. Cukupilah aku dengan karunia-Mu (hingga aku tidak meminta) kepada selain-Mu.” [HR. at-Tirmidzi dan dihasankan oleh al-Albâni rahimahullah dalam Shahîhut Targhîb wat Tarhîb no. 1820].

Baca juga: 5 Tips Supaya Gajian Kamu Tidak Cepat Habis, Manfaatkan Rezekimu Agar Tidak Sia-sia

Demikian ulasan tentang amalan melunasi hutang sehari dalam Islam. Semoga bemanfaat dan kalian dimudahkan dalam melunasi hutang dan terhindar dari perkara hutang. (*)

Kategori :