Keutamaan Sedekah di Hari Jumat, Pahala Dilipatgandakan

Jumat 17-11-2023,15:50 WIB
Reporter : Hadi Waluyo
Editor : Hadi Waluyo

RADARPEKALONGAN - Banyak keutamaan hari Jumat dibandingkan hari-hari lainnya dalam agama Islam. Salah satu keutamaannya ialah barangsiapa sedekah di hari Jumat maka pahalanya akan dilipatgandakan dibandingkan sedekah di hari-hari lainnya.

Keutamaan sedekah dalam Islam sangat banyak sekali. Diantaranya, Allah Ta'ala pasti akan mengganti sedekah kita segera di dunia. Tak hanya di dunia, Allah juga akan memberikan balasan dan ganjaran sedekah kita di akhirat kelak. 

Disebutkan dalam QS Saba' ayat 39: “Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia-lah Pemberi rezeki yang sebaik-baiknya”.

Dalam hadist riwayat Muslim, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam mengatakan, sedekah itu tidak akan mengurangi harta. Tidak ada orang yang memberi maaf kepada orang lain, melainkan Allah akan menambah kemuliaannya. Dan tidak ada orang yang merendahkan diri karena Allah, melainkan Allah akan mengangkat derajatnya.

Baca lagi:Ternyata, Ini 3 Sedekah yang paling Besar Pahalanya Menurut Hadits, Amalkan Sekarang Juga Agar Rezeki Lancar

Keutamaan sedekah lainnya ialah dapat mengobati orang yang sakit. Dalilnya hadist riwayat Abu Daud, obatilah orang sakit kalian dengan sedekah.

Pada alam mahsyar kelak, sedekah akan menjadi naungan dari panasnya matahari. Di saat itu, saking dekatnya matahari banyak yang tenggelam dengan keringatnya sendiri karena kepanasan. Namun, tidak bagi orang yang bersedekah, ia akan mendapat naungan dari sedekahnya. 

Apalagi jika sedekahnya itu dilakukan secara sembunyi-sembunyi. Dalilnya dalam hadist riwayat Ahmad berikut, “Sesungguhnya naungan seorang mukmin pada hari kiamat adalah sedekahnya”.

Islam juga menganjurkan untuk memperbanyak sedekah di hari Jumat. Karena keutamaan sedekah di hari Jumat adalah Allah akan melipatgandakan pahala sedekah. Nabi bersabda: “Dan di hari Jumat pahala bersedekah dilipatgandakan”. (Imam al-Syafi'i). 

Baca lagi:Bukti Dahsyatnya Sedekah, Ikuti Kisah Abud Dahdaa yang Sedekahkan 600 Pohon Kurmanya

Ustadz Khalid Basalamah dalam Instagram khalidbasalamahofficial dengan judul Keutamaan Sedekah Hari Jumat dilihat pada Jumat, 17 November 2023, menyampaikan, apapun yang kita keluarkan dalam bentuk sedekah di hari Jumat, baik itu makanan, minuman, atau lainnya maka semua itu akan dilipatgandakan pahalanya dibandingkan dengan hari-hari lainnya. 

"Sesuai dengan hadist Nabi Shallallahu alaihi wa sallam riwayat Ibnu Abni Syaibah, sedekah itu akan dilipatgandakan di hari Jumat, dan makna sedekah adalah semuanya tak terkecuali," ujar Ustadz Khalid.

Apapun yang kita keluarkan, bahkan dalam hadist ini pun dikatakan senyum dengan muslim pun sedekah, membantu seorang muslim menaikkan barangnya ke tunggangannya itu sedekah. "Kita naikkan kreseknya atau belanjaannya ke mobilnya, sedekah, menyuruh kepada kebaikan sedekah, melarang dari kemungkaran sedekah," kata dia.

Keutamaan sedekah di sisi Allah Ta’ala itu sangat agung sekali dan pahalanya pun demikian besar. Allah Ta’ala berfirman:

"Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan melipatgandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak..." (Al Baqarah: 245).

Kategori :