Sabda Rasul Tentang Rezeki! Inilah 3 Hadis Tentang Rezeki yang Harus Kamu Tahu

Minggu 26-11-2023,08:45 WIB
Reporter : Jamaludin Mubarok
Editor : Dony Widyo

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Rasulullah SAW telah bersabda dalam hadis tentang rezeki yang memberitahukan kepada umatnya tentang darimana saja rezeki itu datang.

Rezeki di dalam ajaran Islam sendiri terdiri dari dua jenis yakni rezeki yang materi seperti uang dan rezeki non-materi seperti kebahagiaan.

Allah SWT telah mengatur rezeki setiap makhluk hidup di dunia jadi kita tidak perlu khawatir tentang rezeki karena pasti sudah dicukupkan.

Dalam Al-Quran sendiri juga sudah dijelaskan tentang darimana saja datangnya rezeki dan cara memperoleh rezeki dengan cara yang baik.

Maka dari itu walaupun rezeki sudah diatur oleh Allah SWT kita harus tetap mengusahakannya dan berikhtiar untuk menjemput rezeki.

Berikut ini adalah beberapa hadis tentang rezeki yang harus kamu tahu agar kamu semakin beriman dan bertakwa kepada Allah SWT.

BACA JUGA:Rezeki yang Tak Disangka-Sangka Sudah Dijelaskan dalam Al-Quran? Berikut Ini 3 Ayat Tentang Rezeki

Hadis Tentang Rezeki

1. Hadis Pertama

"Penghasilan apakah yang paling baik? Beliau menjawab: 'Pekerjaan seseorang dengan tangannya sendiri dan semua penghasilan yang mabrur (diterima di sisi Allah)'." (HR. Al Hakim)

Dalam hadis ini Rasulullah SAW menjelaskan bahwa rezeki yang paling baik adalah rezeki yang diusahakan dengan tangannya sendiri.

Maka dari itu kita ketika sudah mampu bekerja harus mengusahakan rezeki kita sendiri, tentunya dengan cara yang halal agar berkah.

2. Hadis Kedua

"Sesungguhnya salah seorang di antara kalian tidaklah meninggal sampai disempurnakan rezekinya maka janganlah ia merasa lambat datang rezekinya. Bertakwalah kepada Allah wahai manusia, perbaikilah dalam mencari rezeki, ambil yang halal dan tinggalkan yang haram." (HR. Ibnu Hibban, Baihaqi)

Hadis ini menjelaskan bahwa kita sudah dijamin rezekinya oleh Allah SWT sampai kita meninggal dunia dan tentunya cukup untuk memenuhi kebutuhan.

Tags :
Kategori :

Terkait