Adakah Pacaran Islami? Mari Simak 6 Syariat Islam Berikut Ini

Kamis 30-11-2023,00:59 WIB
Reporter : Hadi Waluyo
Editor : Hadi Waluyo

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Adakah pacaran Islami yang mulai marak didengungkan di era ini? Yuk simak bersama uraian berikut ini.

Cinta terhadap lawan jenis merupakan fitrah manusia. Agama Islam yang sempurna telah mengatur bagaimana manusia menyalurkan fitrah cinta tersebut. 

Namun, fenomena cinta yang disalurkan secara tidak syari hampir melanda hampir sebagian besar anak muda saat ini. Mereka menyalurkan rasa cinta itu dengan sebutan pacaran. 

Padahal hukum pacaran dalam Islam jelas haram, sebab mendekatkan diri kepada zina. Dengan berpacaran, risiko terjadinya segala macam zina lebih besar. 

Baca juga:27 Dampak Buruk Perbuatan Zina, Salah Satunya Membuat Pelakunya Fakir Terus Menerus

Meski tidak ditemukan dalil yang bunyinya “janganlah kalian pacaran” atau “pacaran itu haram” atau semisalnya, namun hukum pacaran dalam Islam jelas keharamannya.

Islam melarang pacaran karena dalam pacaran terdapat kegiatan-kegiatan atau hal-hal yang dilarang dalam Islam seperti tidak boleh mendekati zina, tidak boleh bersentuhan dengan lawan jenis, tidak boleh memandang lawan jenis, hingga tak boleh berduaan dengan lawan jenis.

Berikut ini beberapa tinjauan syariat Islam mengenai pacaran dilansir dari rumaysho:

1. Islam melarang mendekati zina

Allah Ta’ala berfirman,

وَلَا تَقْرَبُوا الزِّنَا إِنَّهُ كَانَ فَاحِشَةً وَسَاءَ سَبِيلًا

“Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk.” (QS Al Isro: 32)

Dalam Tafsir Jalalain dikatakan, larangan dalam ayat ini lebih keras daripada perkataan ‘Janganlah melakukannya’. Artinya, jika mendekati zina saja tidak boleh, apalagi sampai melakukan zina, jelas-jelas lebih terlarang.

Baca lagi:Berlindung dari Perbuatan Zina, Rutinkan Baca Doa Ini agar Tidak Terjerumus dalam Zina

2. Islam memerintahkan untuk menundukkan pandangan

Kategori :