Ini Dia Manfaat Teh Jelai untuk Kesehatan, Ternyata Mampu Melancarkan Aliran Darah

Sabtu 02-12-2023,18:42 WIB
Reporter : Nasim
Editor : Wahyu Hidayat

Manfaat lain dari teh jelai adalah meningkatkan kualitas tidur. Kebanyakan orang mungkin mengalami masalah tidur di malam hari atau insomnia. Meskipun kelihatannya tidak signifikan, gangguan tidur ini dapat mempengaruhi aktivitas harian.

Manfaat teh jelai untuk kualitas tidur diperoleh dari kandungan melatonin di dalamnya. Hormon ini umum ditemukan di dalam tubuh dan berfungsi untuk mengatur kualitas tidur yang baik.

Kandungan melatonin yang tinggi pada teh jelai disebut-sebut mampu mengatasi masalah tidur. Meski begitu, penelitian lebih lanjut mengenai hal ini masih perlu dilakukan.

7. Menjaga Kesehatan Mulut

Orang yang minum teh jelai secara teratur memiliki lebih sedikit plak gigi dan jumlah bakteri jahat di mulutnya.

Hal ini dikarenakan teh jelai memiliki efek antibakteri yang dapat mengurangi jumlah bakteri jahat dalam air liur. Teh jelai dapat mengurangi jumlah streptokokus dan laktobasilus.

Selain itu, manfaat teh barley atau the jelai untuk kesehatan mulut lainnya adalah mencegah kerusakan gigi.

Antioksidan dalam bentuk polifenol dalam teh mencegah kerusakan gigi dengan mengurangi plak gigi. Dengan demikian, risiko gigi berlubang pun berkurang.

8. Meningkatkan Kesuburan Pria

Teh jelai mengandung selenium dalam jumlah besar. Selenium memiliki fungsi untuk meningkatkan kesuburan pada pria. Manfaat teh jelai telah dibuktikan oleh sebuah penelitian.

Menurut sebuah penelitian, konsumsi teh jelai secara teratur dapat meningkatkan kesuburan pada pria yang mengalami infertilitas atau ketidaksuburan selama satu tahun atau lebih.

Khasiat teh jelai untuk kesuburan pria diperoleh dari peningkatan kualitas sperma. Sperma pria yang mengonsumsi selenium memiliki pergerakan yang lebih baik dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi selenium.

Untuk mendapatkan manfaat ini, teh jelai harus diminum secara teratur.

9. Membantumu Rileks

Manfaat lain dari teh jelai adalah memberikan efek menenangkan. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kandungan melatonin dalam teh jelai dapat meningkatkan kualitas tidur. Hal inilah yang membuatmu merasa rileks setelah mengonsumsinya.

Selain itu, khasiat teh jelai untuk memberikan efek menenangkan juga didapatkan dari kandungan triptofan dalam teh.

Kategori :