7 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Jantung, Bagus Dikonsumsi Lansia

Selasa 09-01-2024,12:00 WIB
Reporter : Nasim
Editor : Wahyu Hidayat

Makan makanan gandum utuh dapat bermanfaat bagi jantung karena kaya akan lemak tak jenuh yang mencegah penyakit kardiovaskular.

4. Alpukat

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa makan alpukat dapat menurunkan kadar kolesterol dan risiko seseorang terkena penyakit jantung.

Alpukat adalah sumber lemak tak jenuh tunggal yang pastinya menyehatkan jantung.

5. Teh hijau

Teh hijau mengandung katekin dan polifenol, yang dapat bertindak sebagai antioksidan yang mencegah kerusakan sel, mengurangi peradangan, dan melindungi jantung.

Sejumlah penelitian telah menyatakan bahwa katekin teh hijau mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan secara signifikan menurunkan kadar kolesterol secara keseluruhan.

6. Cokelat hitam

Cokelat hitam kaya akan antioksidan seperti flavonoid, yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

Menurut sebuah penelitian, makan cokelat hitam setidaknya lima kali seminggu mengurangi risiko penyakit jantung koroner hingga 57 persen.

Studi lain menemukan bahwa cokelat hitam, yang dimakan setidaknya dua kali seminggu, mengurangi risiko pembentukan plak yang terkalsifikasi di arteri hingga 32 persen.

Jadi, pastikan untuk memilih dark chocolate berkualitas tinggi dengan kandungan kakao minimal 70 persen, dan penting untuk membatasi konsumsinya agar mendapatkan manfaat yang maksimal.

7. Edamame

Edamame merupakan salah satu makanan yang mendukung kesehatan jantung karena kaya akan isoflavon kedelai, sejenis flavonoid yang dapat membantu menurunkan kolesterol dan mendukung fungsi jantung.

Selain mengandung isoflavon, edamame merupakan sumber nutrisi menyehatkan jantung yang mengandung serat makanan dan antioksidan.

Dimasukkannya protein kedelai dalam makanan sehari-hari membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Kategori :