5 Makanan Yang Mengandung Vitamin D, Mampu Cegah Sakit Tulang dan Berbagai Penyakit Lainnya

Senin 15-01-2024,18:15 WIB
Reporter : Nasim
Editor : Dony Widyo

Jenis ikan lain yang termasuk hidangan yang mengandung vitamin D adalah ikan sarden dan mackerel.

4. Susu

Susu yang mengandung nutrisi penting bagi tubuh sebaiknya dikonsumsi oleh anak-anak dan orang dewasa. Susu mengandung berbagai jenis nutrisi, salah satunya adalah vitamin D.

Vitamin D yang terkandung dalam susu bermanfaat untuk menjaga pertumbuhan dan kesehatan tulang, mencegah berbagai penyakit tulang dan memperkuat kepadatan gigi. 

5. Ikan kod

Ikan laut ini memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan tubuh. Hal ini disebabkan ikan kod mengandung berbagai nutrisi seperti vitamin dan mineral.

Salah satu nutrisi penting dalam ikan kod adalah vitamin D.

Zat ini bermanfaat untuk mempercepat penyerapan kalsium oleh tubuh, menjaga kesehatan tulang dan gigi, mencegah penyakit tulang, penyakit pernapasan dan membantu mencegah kanker usus.

Asupan vitamin D harian yang dibutuhkan

Semakin tua seseorang, semakin besar kebutuhan akan makanan yang mengandung vitamin D.

Pada anak-anak, ibu hamil dan orang dewasa, dosis harian rata-rata vitamin D adalah 600 IU.

Sedangkan orang yang berusia di atas 70 tahun membutuhkan dosis harian vitamin D dalam jumlah hingga 800 IU.

Jika tubuh kekurangan vitamin D, beberapa masalah kesehatan muncul. Pada bayi dan anak kecil, hal itu mempengaruhi stunting, kerentanan terhadap infeksi, kelemahan otot, serta rakhitis, atau suatu kondisi di mana seorang anak mengalami nyeri pada tulang kaki dan otot.

Sedangkan kekurangan vitamin D menyerang orang dewasa yaitu tubuh yang mudah lelah, mengalami nyeri tulang dan rawan osteoporosis.

Untuk mencegahnya, konsumsilah berbagai makanan yang mengandung vitamin D secara rutin untuk memenuhi kebutuhan vitamin D harian. Juga, kombinasikan dengan latihan fisik secara teratur untuk menjaga kesehatanmu. 

Jika perlu, kamu juga dapat mengonsumsi suplemen vitamin. Namun, sebelum meminumnya, kamu perlu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Kategori :