HP Baru Harga 1 Jutaan, itel P55 NFC dengan RAM 8 GB, Penyimpanan UFS Besar dan Chipset Unisoc T606

Kamis 25-01-2024,14:35 WIB
Reporter : Rifki
Editor : Dony Widyo

Yang menarik, jika digabung dengan RAM virtual, total RAM-nya bisa capai 24 GB. Fitur penambah RAM di itel sendiri bernama MemFusion. Dengan fitur ini, itel P55 NFC bisa menambah RAM virtual mulai dari 4 GB, 8 GB, atau 16 GB.

Bila RAM virtual terasa gimmick, tawarkan RAM 8 GB LPDDR4x saja sudah sangat bagus. Ingat, harga HP satu ini hanya Rp 1 jutaan saja.

Sebagai informasi, makin besar kapasitas RAM yang dimiliki maka kinerja HP dalam multitasking juga akan makin lancar.

Namun, penggunaan MemFusion yang besar ini kurang cocok untuk Anda yang lebih membutuhkan performa. Sebab fungsi baca dan tulisnya akan sedikit terganggu. Lagi pula, RAM 8 GB juga sudah cukup untuk membuat performa optimal saat digunakan main game.

Selain itu, itel P55 NFC juga sudah menggunakan storage berjenis UFS yang jarang ditemukan di kelas harga 1 jutaan. Storage dengan jenis UFS ini memiliki kecepatan baca dan tulis yang lebih baik dibandingkan eMMC. Sedangkan untuk kapasitasnya, Anda bisa memilih antara 128 Gb atau 256 GB.

Tidak hanya RAM yang bisa diperluas, storage atau memori internalnya juga bisa. itel P55 NFC sudah menggunakan triple slot. Sehingga Anda bisa menggunakan microSD dan dua kartu SIM secara bersamaan.

Di sisi lain, itel P55 juga masih memiliki port audio 3.5 mm dan fitur Radio FM sehingga mudah disambungkan dengan kabel earphone. 

Chipset oke dengan UNISOC T606

Meski bukan yang paling kencang, performa itel P55 NFC sudah oke dengan chipset UNISOC T606. Pasalnya, chipset ini menjadi salah satu chipset dengan performa gaming bagus di kelas harga yang murah.

Tidak sedikit HP yang mengandalkan performa dari chipset dengan fabrikasi 12 nm ini. Mulai dari Tecno Spark 10C, Infinix Hot 40i, hingga Samsung Galaxy A03.

UNISOC T606 mampu menawarkan aktivitas multitasking yang gesit dan performa gaming oke. Arsitekturnya juga cukup padat karena diisi oleh delapan inti CPU di dalamnya. Terdiri dari dua core Cortex A75 (1,6 GHz) untuk performa dan enam core Cortex A55 (1,6 GHz) untuk efisiensi dayanya.

Sedangkan untuk kartu pengolah grafisnya atau GPU menggunakan Mali G57 MP1 dengan frekuensi 650 MHz. Beberapa pengujian sintetis yang dilakukan untuk chipset ini juga mendapat skor yang baik. 

Pengujian pertama yang dilakukan adalah menggunakan AnTuTu v10, skor yang didapatkannya yaitu 237.673 poin. Kemudian untuk GeekBench 6, skor single-core-nya yaitu 371 sedangkan multi-core-nya 1386.

Skor tersebut sudah cukup baik untuk HP dengan harga Rp 1 jutaan. Bahkan, menurut TeknoLoGue yang menguji kemampuan UNISOC T606 langsung di dalam itel P55 NFC. SKor AnTuTu v10 yang berhasil di raihnya sedikit lebih tinggi yaitu 259.566 poin.

Skor yang dihasilkannya ini bukan hanya dinilai dari kemampuan chipset-nya saja. Tapi juga dipengaruhi beberapa hal yang ada di dalam HP, terutama RAM dan memorinya. Dengan kapasitas yang besar, performa yang dihasilkannya juga jadi lebih baik dan optimal.

Bahkan, dengan skor tersebut, Anda tidak hanya mendapatkan kemampuan multitasking lancar saja. Aktivitas bermain game populer juga bisa dilakukan dengan lancar, mulai dari PUBG Mobile, Mobile Legends, hingga Call of Duty Mobile.

Kategori :