Tips Memberikan Saran Tanpa Menyinggung, Lakukan 5 Cara Ini Agar Masukan Tidak Merusak Hubungan!

Jumat 02-02-2024,02:00 WIB
Reporter : Ana Miratus Sholekhah
Editor : Dony Widyo

Hanya fokus pada saran akan membuatmu terkesan seperti orang yang menilai dan menggurui. Oleh karenanya, untuk menghilangkan kesan ini, penting bagimu untuk terlebih dahulu memuji lawan bicaramu dan mengapresiasi apa yang sudah diperbuatnya.

Dengan trik ini, kamu akan terlihat peduli pada temanmu dan menginginkan hal yang terbaik untuknya. Saran yang kamu berikan kemungkinan besar akan diterimanya sebagai sesuatu yang kamu maksudkan agar dia melakukan hal yang lebih baik ke depannya.

Dengan menggunakan cara ini, kamu tidak hanya bisa memberikan saran tanpa menyinggung, tetapi juga kamu bisa terlihat lebih santun serta bersahabat.

Selalu Sertakan Kata Maaf

Dalam usaha memberikan saran tanpa menyinggung, kamu juga tidak boleh meninggalkan kata maaf dalam percakapanmu. Kata maaf ini penting sebagai tanda bahwa kamu memang sedari awal tidak ada maksud untuk menyinggung apalagi menjatuhkannya.

Kata maaf juga merupakan bentuk budaya kesopanan dalam berkomunikasi. Tentunya kamu akan terdengar lebih santun ketika mengucapkan kata maaf.

Walaupun terkesan seperti basa-basi, ucapan maaf diawal justru bisa meleburkan suasana sehingga saat kamu mengutarakan saran, suasana tidak menjadi tegang dan canggung.

BACA JUGA 5 Tips Komunikasi untuk Menghadapi Silent Treatment, Jangan Biarkan Konflik Berlarut-larut

Berikan Opsi

Sebenarnya, tidak salah jika kamu hanya memberikan saran atau kritik. Akan tetapi, jauh lebih baik bagimu jika kamu juga membuka opsi untuk lawan bicaramu agar dia bisa memilih langkah mana yang sebaiknya dia ambil.

Ingat bahwa bagaimanapun, dialah yang berkuasa akan kehidupannya dan bukan dirimu. Dia selalu berhak untuk menentukan mana yang menurutnya baik dan buruk.

Tanamkan dalam dirimu bahwa yang bisa kamu berikan hanyalah pendapat sebagai pertimbangan, bukan sebagai sesuatu yang harus dilakukan.

Itulah beberapa hal yang harus kamu lakukan jika ingin memberikan saran tanpa menyinggung. Jangan lupakan satu poin pun, ya! (*)

Kategori :