Polisi Bersenjata Kawal Distribusi Logistik Pemilu 2024 di Kabupaten Pekalongan

Selasa 06-02-2024,21:48 WIB
Reporter : Hadi Waluyo
Editor : Dony Widyo

KAJEN,RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Guna memastikan distribusi logistik Pemilu 2024, Polres Pekalongan menerjunkan polisi bersenjata untuk mengawal setiap armada pengangkut logistik pemilu.

Kabag Ops Polres Pekalongan Kompol Farid Amarullah, ditemui usai pelepasan armada pengangkut logistik Pemilu 2024 di Gudang KPU Kabupaten Pekalongan di Jalan Raya Karangsari-Karanggondang, Selasa, 6 Februari 2024, mengatakan, untuk pengamanan distribusi logistik, setiap armada dikawal satu personel bersenjata. 

"Untuk satu kecamatan itu ada personel dari Polres plus dari Polsek ngawal sampai ke tingkat PPK dan seterusnya sampai ke tingkat TPS akan kita kawal agar aman," ujar dia. 

Ia mengatakan, belum ada kerawanan untuk distribusi logistik Pemilu 2024 di Kabupaten Pekalongan. Jika pun ada potensi kerawanan, itu lantaran faktor kondisi geografis.

Baca juga:KPU Kabupaten Pekalongan Distribusikan Logistik Pemilu 2024, 5 Kecamatan di Pegunungan Dikirim di Hari Pertama

"Untuk jalur rawan longsor, kita melakukan koordinasi dengan Polsek setempat apakah ada bencana atau tidak. Jika ada bencana, kita sampaikan ke KPU untuk ditunda," ujar dia. 

Sementara itu, Anggota Bawaslu Kabupaten Pekalongan Anis Sofwan, mengatakan, Bawaslu sudah diundang oleh KPU Kabupaten Pekalongan terkait kesiapan distribusi logistik ke kecamatan. Dari koordinasi itu, Bawaslu Kabupaten Pekalongan buat instruksi kepada jajaran Panwascam untuk juga melaksanakan pengawasan distribusi di masing-masing kecamatan. 

"Jadi Panwascam hari ini juga standby di lima kecamatan yang hari ini didistribusikan, sehingga proses distribusi ini bisa berjalan dengan baik," katanya. 

Ditambahkan, Bawaslu akan melakukan pengawasan secara berjenjang dalam pendistribusian logistik Pemilu 2024. Di tingkat kecamatan akan diawasi Panwascam, di tingkat desa oleh pengawas desa, dan di TPS oleh pengawas TPS.

"Karena ini tujuannya di kecamatan maka Panwascam yang akan mengawasi. Ketika distribusinya ke desa dan TPS, otomatis pengawas desa dan pengawas TPS yang akan melaksanakan pengawasan," imbuhnya.

Kategori :