Hukum Halal Haram Crypto Currency menurut Islam, Ini Tanggapan Buya Yahya!

Rabu 14-02-2024,05:30 WIB
Reporter : Risqi Nafilia Zaenab
Editor : Dony Widyo

BACA JUGA : Mencari Solusi dengan Buya Yahya untuk Memperbaiki Usaha Dalam Mencari Rezeki , Apakah Bisa Terselesaikan?

BACA JUGA :Buya Yahya Bongkar Kunci Sukses Menghadapi Ujian saat Berbisnis, Apa Saja yang Dilakukan?

Namun, bitcoin tidak memiliki perlindungan yang terjami. Banyak sekali pakar-pakar ekonomi yang mengetahui seluk beluk dari bitcoin menyampaikan "yang masuk dalam alat tukar ini siap-siap saja suatu ketika uangmu akan hilang". 

Ya itu benar terjadi, karena bitcoin tidak ada yang perlindungan yang pasti semua mengalir begitu saja. Bahkan uang yang mungkin kalian simpan akan hangus dan hilang tanpa jejak. 

Kemungkinan hal-hal yang negatif sepeti pencucian uang, pemindahan kekayaan akan terjadi karena tidak adanya jaminan yang menjamin keamanan terhadap rakyat. 

Walaupun menjanjikan, namun disemua penjuru dunia pemerintah melarang, karena dikhawatirkan akan melenyapkan harta benda mereka.

Ini masuk dalam spekulasi yang tidak jelas arahnya, maka lebih baik dihindari karena tidak ada yang mengatur dan tidak ada yang mengontrolnya. 

Para ulamapun menilai dari sisi kemaslakhatan dari bitcoin. Ternyata bitcoin malah akan menjerumuskan, dan dapat disimpulkan bitcoin haram untuk dilakukan. 

BACA JUGA :Buya Yahya Berikan Cara Berbisnis Sesuai Syariat Islam untuk Anak Muda agar Mendapatkan Berkah Dunia Akhirat

BACA JUGA :Dasar Hukum Hutang Piutang Dalam Al-Qur'an, Menurut Buya Yahya

Para negara yang notabenya bukan muslim pun menghindari adanya uang bitcoin untuk dimilikinya. Maka tidak heran sebagai negara indonesia yang mayoritas islam menelaah hukum halal haram crypto currency menurut Islam, pastilah haram untuk dimiliki.

Buya Yahya menyampaikan, perlu diingat membuat kesepakatan alat tukar sah- sah saja, tetapi akan menjadi masalah dan bahaya jika muncul karena tidak adanya yang mengamankan.

Jadi jika memiliki uang yang cukup untuk membeli suatu saham pastika saham yang kalian incar memiliki kesepakatan dan perlindungan yang jelas untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. 

Carilah nafkah dengan cara yang wajar dan pasti, dan jangan ambil suatu nafkah yang tidak pasti dan entah akan kemana, para ulama mengatakan tidak diperkenankan karena ada sebabnya. Islam tidak melarang kaya, namun menjaga agar kekayaan kita aman maka islam melarang adanya itu.    

Sudah dipastikan hukum halal haram crypto currency menurut Islam adalah haram ya, semoga pembahasan ini akan menjadi bermanfaat dan sangat membantu menjelasakan mengenai crypto currency itu sendiri. Aamin ya robal alamin.(*) 

Kategori :