Bagaimana Tanda Tanda Ginjal Bermasalah pada Lansia Usia 60 Tahun ke Atas? Kalian Wajib Banget Tau!

Sabtu 17-02-2024,17:50 WIB
Reporter : Nadia Damayanti
Editor : Ainul Atho

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Penting bagi kalian untuk mengetahui tanda tanda ginjal bermasalah pada lansia usia 60 tahun ke atas. Karena seperti yang diketahui, seseorang yang telah memasuki usia lanjut terbilang sangat rentan terserang penyakit.

Salah satu penyakit ginjal yang kerapkali menyerang lansia yakni batu ginjal. Lantas bagaimana kita mengetahui orang tua atau lansia ini mengalami gangguan pada ginjal?

Sebelum kita mengetaui tanda tanda ginjal bermasalah pada lansia kita ketahui terlebih dahulu apa itu ginjal dan apa penyebabnya.

Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang rentan mengalami sumbatan. Tidak hanya pada lansia, gangguan tersebut bisa dialami oleh siapapun, baik itu anak remaja maupun orang dewasa.

BACA JUGA:Berikut 5 Ciri-ciri Urine Sehat yang Menandakan Kalau Ginjal dalam Kondisi Baik-baik Saja

BACA JUGA:5 Makanan Rendah Oksalat yang Efektif untuk Menjaga Kesehatan Ginjal, Apa Saja Daftarnya? Cek Disini

Untuk itulah, penting bagi kalian untuk selalu menjaga ginjal kalian dalam kondisi baik agar ginjal dapat bekerja secara optimal sampai tua nanti.

Sementara itu, bati gunkal sendiri merupakan mineral keras dan endapan garam yang terbentuk pada ginjal.

Mineral tersebut bisa berukuran butiran pasir dan lewat begitu saja, sehingga terkadang kalian tidak akan merasakan apapun.

Namun, jika pengerasan mineral tersebut cukup besar, para penderitanya mungkin menjadi kesulitan untuk buang air kecil.

Sementara itu, pada dasarnya ginjal sendiri memiliki bahan alami yang berguna untuk melarutkan garam dan mineral. Namun, saat bagian tersebut mengalami gangguan atau rusak dan bermasalah, produksi bahan kimia tersebut akan tidak ada.

BACA JUGA:Ini Dia 10 Makanan dan Minuman Penyebab Batu Ginjal, Segera Batasi Konsumsinya Agar Ginjal Tidak Tambah Parah

BACA JUGA:Inilah Makanan Tinggi Oksalat yang Harus Dihindari oleh Penderita Batu Ginjal, Dapat Memperparah Ginjal

Bahkan karena kondisi ginjal yang bermasalah membuat ginjal tidak memiliki produksi bahan kimia yang melarutkan garam dan mineral tersebut.

Sehingga jika sudah terjadi kondisi demikian, snag penderita akan dengan mudah terjangkir penyakit, baik itu penyakit yang bisa sembuh sendiri tanpa obat hingga penyakit kronis.

Kategori :