Daftar Nutrisi yang Baik untuk Ginjal dan Aman Dikonsumsi oleh Pasien Penyakit Ginjal Usia 50 Tahun ke Atas!

Selasa 20-02-2024,06:20 WIB
Reporter : Nadia Damayanti
Editor : Dony Widyo

Itulah mengapa, pasien ginjal yang melakukan cuci darah membutuhkan vitamin B12 lebih banyak. Selain itu, vitamin ini juga dapat membantu ginjal membentuk sel yang lebih sehat.

BACA JUGA:Inilah Manfaat daun Jambu Biji untuk Lansia dan Cara Mengonsumsi yang Aman untuk Lansia Usia 50 Tahun ke Atas

BACA JUGA:Inilah 5 Manfaat Daun Jambu Biji untuk Dewasa hingga Lansia yang Wajib Diketahui!

4.  Vitamin D

Menurut dr. Atika, pasien penyakit ginjal mesti memenuhi kebutuhan vitamin D sehari-hari. Sebab, ginjal ini merupakan organ yang bertugas mengubah vitamin D menjadi bentuk aktifnya.

Sementara untuk pasien ginjal kronis, mereka cenderung kurang mampu mengubah vitamin D menjadi bentuk aktifnya, sehingga secara tidak langsung akan kekurangan asupan vitamin D.

Maka dari itu, tak heran bila asupan vitamin D ini perlu dipenuhi oleh supelemn dan diet khusus ginjal agar vitamin D ini dapat terpenuhi dengan optimal.

5. Vitamin C

Nutrisi yang baik untuk ginjal yang terakhir adalah vitamin C. Namun, bagi pasien ginjal, kalian tidak boleh mengonsumsi vitamin C ini secara berlebih.

Hal ini dikarenakan, vitamin C ini dapat menyebabkan penumpukan oksalat yang memicu batu ginjal. Sehingga akan sangat berbahaya untuk pasien sakit ginjal.

BACA JUGA:Cegah Purin Tinggi, Inilah Khasiat Daun Pandan untuk Kesehatan Tubuh Lansia Usia 60 Tahun

BACA JUGA:Mau Tahu Cara Mengolah Daun Pandan sebagai Jamu Sehat? Ini Caranya, Catat Ya!

Untuk anjurannya, kalian direkomendasikan untuk mengonsumsi vitamin C harian sebanyak 90 mg untuk pria dewasa dan 75 mg untuk wanita dewasa.

Selain untuk pasien ginjal, vitamin C ini juga sangat penting bagi kalian yang ingin menjaga agar ginjal tetap sehat.

Hal ini dikarenakan vitamin C ini dapat membantu menyerap zat besi, membantu menghasilkan kolagen, hingga menjaga sistem kekebalan tubuh tetap sehat.

Tidak hanya baik untuk ginjal, vitamin C ini juga dapat mempercepat penyembuhan luka dan memar serta memperbaiki tulang dan jaringan dalam tubuh.(*)

Kategori :