9 Gejala Penyakit Ginjal Pada Tahap Awal yang Harus Kamu Perhatikan, Mungkin Pernah Menyerangmu

Minggu 25-02-2024,07:50 WIB
Reporter : Nasim
Editor : Dony Widyo

Hal ini disebabkan adanya kelebihan cairan dalam tubuh yang menumpuk di paru-paru karena ginjal tidak berfungsi dengan baik.

4. Tekanan darah tinggi

Gejala lain dari penyakit ginjal pada tahap awal adalah tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi atau hipertensi bisa menjadi pemicu penyakit ginjal, namun bisa juga terjadi karena kelainan ginjal.

Hal ini disebabkan kemampuan ginjal untuk menyaring racun terus menurun. Selain itu, penyebabnya mungkin juga karena ketidakseimbangan kadar cairan dan mineral dalam tubuh.

5. Pembengkakan pada kaki

Penyakit ginjal dapat menyebabkan pembengkakan pada kaki dan betis. Gejala penyakit ginjal ini pada tahap awal terjadi karena penumpukan natrium di kaki dan betis.

6. Lebih sering buang air kecil

Sering buang air kecil, terutama di malam hari, juga bisa menjadi salah satu gejala awal penyakit ginjal.

Semakin sering buang air kecil disebabkan oleh ginjal yang tidak dapat menyaring dengan baik.

7. Urin tidak normal 

Biasanya, warna urin yang sehat adalah transparan atau kuning. Jika urin berwarna kemerahan karena ada darah di dalamnya, serta berbusa, maka hal ini perlu dipantau.

Busa dalam urin menunjukkan kandungan protein yang tinggi dalam urin.

Sementara itu, ekskresi darah dalam urin tidak selalu menandakan adanya penyakit ginjal. Namun jika urine berdarah (hematuria) disertai buih, maka sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

8. Penurunan berat badan

Gejala penyakit ginjal selanjutnya pada tahap awal adalah penurunan berat badan. Kondisi ini bisa disebabkan oleh mual, serta kehilangan nafsu makan.

Karena saat ginjal tidak berfungsi dengan baik, tubuh mengalami uremia, membuat makanan yang masuk ke mulut terasa berbeda, seperti logam.

Kategori :