Emak-emak Wajib Simak! Inilah Cara Praktis Membersihkan Tatakan Kompos Gas Menggunakan Bahan Dapur

Sabtu 13-04-2024,11:17 WIB
Reporter : Dony Widyo
Editor : Dony Widyo

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Bagi emak-emak yang ingin peralatan masaknya selalu bersih, maka wajib simak tips cara membersihkan kerak tatakan kompor gas yang disebabkan sisa masakan ataupun minyak berikut ini.

Seperti diketahui bersama, tatakan kompor menjadi bagian yang sering kali cepat kotor ataupun berkerak akibat terkena sisa makanan dan juga minyak saat memasak.

Seringkali ketak maupun kotoran tersebut dibiarkan saja, sehingga semakin lama akan semakin tebal, hingga akhirnya sulit untuk dibersihkan.

Jika sudah tebal, ketak tersebut akan sulit untuk dibersihkan. Bahkan tak jarang ada yang terpaksa menggosoknya dengan keras menggunakan sikat dari kawat 

Namun ada juga yang mencoba membersihkannya dengan cara direndam dengan air panas, bahkan hingga merebusnya agar kerak membandel bisa terlepas dengan sendirinya.

Padahal cara-cara tersebut bisa merupakan tatakan kompos, ataupun menyebabkan cat pelapisnya terkelupas, sehingga akhirnya kurang sedap dipandang mata.

Cara Praktis Bersihkan Kerak

Namun jangan khawatir. Pasalnya ada cara mudah untuk membersihkan kerak di tatakan kompor tersebut, tanpa harus menggunakan sikat dari kawat ataupun merendamnya dengan air panas 

Seperti dibagikan oleh akun TikTok @aligas163 yang memberikan tips membersihkan kerak di tatakan atau tungku kompos hanya menggunakan tiga bahan dapur yang mudah didapatkan.

Selain itu, proses pembersihannya juga tidak memerlukan waktu lama. Cukup 15 menit saja, seluruh kerak-kerak pada tatakan kompos gas akan bersih.

Tahap pertama untuk membersihkan tatakan kompos gas tersebut adalah mencongkel kerak yang sudah tebal atau mengeras menggunakan obeng.

Hal itu dilakukan karena kerak yang sudah tebal tidak akan bisa hilang jika hanya digosok saja menggunakan kain ataupun bahan yang biasa digunakan untuk mencuci piring.

Setelah seluruh kerak yang tebal hilang, barulah mulai membuat racikan bahan pembersihnya dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemui di dapur.

Untuk memulai, siapkan sebuah mangkuk dengan air murni. Tambahkan soda kue, deterjen, dan cuka ke dalamnya. 

Inilah trio bahan utama yang akan kita gunakan untuk membersihkan noda membandel di atas kompor.

Kategori :