Maksimalkan IT, Luncurkan Kantin Digital

Jumat 24-01-2020,13:20 WIB

*SMK Muhammadiyah Kesesi

LITERASI - Para siswa SMK Muhammadiyah Kesesi saat melaksanakan program literasi sekolah.

KESESI - Ditengah persaingan prestasi dunia pendidikan, SMK Muhammadiyah Kesesi juga tidak ingin melunturkan eksistensinya sebagai sekolah vokasi khususnya di Kabupaten Pekalongan.

Pemaksimalan pemanfaatkan Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (TIK) menjadi salah satu upaya yang terus ditingkatkan oleh SMK berjuluk SMK Musi ini.

Menyambut tahun 2020, pihaknya tengah menyiapkan Program Kantin Digital khususnya yang akan dimotori oleh para siswa dari Program Keahlian Perbankan Syariah. "Sebenarnya kita ada 3 program diantaranya Kantin Digital, Keuangan Sekolah Digital, dan juga Layanan Perbankan termasuk bank mini," ujar Kepala SMK Muhammadiyah Kesesi, Abdul Kodir SPdI, ketika ditemui Radar Pekalongan, di kantornya beberapa waktu lalu.

Berbeda dengan sekolah-sekolah lain, dalam menjalankan program digitalisasi ini pihaknya telah menyiapkan software mandiri atau milik sendiri tanpa terafiliasi dengan lembaga keuangan atau perbankan lainnya. "Alhamdulillah untuk softwarenya sudah disiapkan sehingga kami punya software sendiri," imbuh Pak Kodir, sapaannya.

Dalam praktik pelaksanaan Program Kantin Digital, para siswa akan memulai menabung dan menyimpan saldonya pada sebuah kartu atau aplikasi, sehingga nantinya segala transaksi di kantin akan menggunakan uang elektronik dan tidak ada lagi transaksi cash. "Dari saldo itu kemudian bisa digunakan untuk jajan, membeli peralatan, baik itu siswa maupun guru," ujarnya.

Rencananya pada Februari 2020 ini, program penggarapan digitalisasi tersebut akan segera diselesaikam sehingga dapat mulai diaplikasikan oleh keluarga besar SMK Muhammadiyah Kesesi. (yak)

Tags :
Kategori :

Terkait