MAPSI, Dorong Lahirnya Muslim Pancasila Kreatif

Rabu 16-10-2019,13:45 WIB

*Korwil Pendidikan Kecamatan Kesesi

PEMBUKAAN - Pembukaan kegiatan Lomba MAPSI ke 22 Kecamatan Kesesi, Kamis (10/10).

KESESI - Seperti agenda pada tahun-tahun sebelumnya, Korwil Pendidikan Kecamatan Kesesi melalui Koordinasi Kelompok Kepala Sekolah Dasar (K3S), dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Kecamatan Kesesi menggelar seleksi Lomba Mata Pelajaran Agama dan Senin Islami (MAPSI) ke 22, di SD Negeri 01 Podosari, Kamis (10/10).

Gelaran MAPSI Kecamatan Kesesi tahun 2019 ini diikuti oleh sedikitnya 882 peserta dari 42 Sekolah Dasar (SD) Negeri dan Swasta di Kecamatan Kesesi. Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Kecamatan Kesesi, Karmidi menuturkan dengan adanya penyelenggaraan MAPSI ini diharapkan dapat mendorong peningkatan kualitas Pendidikan Agama Islam (PAI).

"Alhamdulillah kegiatan ini sangat bagus, tidak hanya untuk meningkatkan pemahaman terhadap praktik mata pelajaran PAI, tapi juga untuk mendorong minat bakat siswa dalam bidang keagamaan maupun kesenian islami," tuturnya.

Dalam kegiatan MAPSI ke 22 tersebut, pihaknya mengusung tema "Membangun Karakter Muslim Pancasila yang Kreatif Memasuki Revolusi Industri 4.0" terdapat dua kategori lomba yakni Lomba Mapel PAI, dan Lomba Seni Islami. Diantara lomba-lomba tersebut antara lain Ibadah Sholat Fardhu, Lomba Cerdas Cermat Terpadu PAI dan Umum, Lomba TIK Islami, Azan dan Iqomah, Seni Hifdzil Quran, Tilawah, Seni Khot Quran, Seni Kaligrafi Quran, Lomba Seni Khitobah, Cipta Kreativa Cerita Islami, serta Seni Macapat Islami.

Usai menggelar seleksi di tingkat kecamatan, para siswa peraih juara I pada tiap-tiap cabang lomba berhak mewakili Kecamatan Kesesi dalam Lomba MAPSI tingkat Kabupaten Pekalongan yang juga akan berlokasi di Kecamatan Kesesi, pada 25 Oktober 2019 mendatang.

Pihaknya berharap para siswanya dapat meraih hasil maksimal dalam ajang kabupaten mendatang, hingga berhasil melanjutkan ke tingkat eks Karesidenan Pekalongan, hingga Provinsi Jawa Tengah. (yak)

Tags :
Kategori :

Terkait